Selasa 25 Jul 2023 18:06 WIB

Penduduk Neraka Kebanyakan Wanita

Para penghuni neraka akan disiksa sesuai dengan kesalahannya ketika hidup di dunia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Neraka menjadi tempat orang-orang yang mempunyai dosa. Para penghuni neraka akan disiksa sesuai dengan kesalahannya ketika hidup di dunia.

Dalam sejumlah riwayat disebutkan bahwa penduduk neraka itu kebanyakan perempuan. 

Baca Juga

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ قَال سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani', telah menceritakan kepada kami Ismail bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Abu Raja' al Utharidi, dia berkata, aku mendengar Ibnu Abbas berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Saya memperhatikan surga, maka saya melihat mayoritas penduduknya adalah kaum fakir, dan saya memeriksa neraka, maka saya melihat mayoritas penduduknya adalah kaum wanita. (HR Tirmidzi).

Dalam redaksi hadits yang berbeda disebutkan:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ وَعَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ قَالُوا حَدَّثَنَا عَوْفٌ هُوَ ابْنُ أَبِي جَمِيلَةَ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَهَكَذَا يَقُولُ عَوْفٌ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ وَيَقُولُ أَيُّوبُ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَكِلَا الْإِسْنَادَيْنِ لَيْسَ فِيهِمَا مَقَالٌ وَيُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ أَبُو رَجَاءٍ سَمِعَ مِنْهُمَا جَمِيعًا وَقَدْ رَوَى غَيْرُ عَوْفٍ أَيْضًا هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ

 

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi 'Adi dan Muhammad bin Ja'far serta Abdul Wahhab ats Tsaqafi mereka berkata, telah menceritakan kepada kami Auf, dan dia adalah Ibnu Abi Jamilah, dari Abu Raja' al Utharidi dari Imran bin Hushain dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Saya memperhatikan neraka, maka saya melihat mayoritas penduduknya adalah kaum wanita, dan saya memmperhatikan surga, maka saya melihat mayoritas penduduknya adalah kaum fakir."

Abu Isa berkata, "Ini hadits hasan sahih. Demikianlah Auf berkata dari Abu Raja' dari Imran bin Hushain. Dan Ayyub berkata dari Abu Raja' dari Ibnu Abbas. Dan kedua sanadnya tidak terdapat pembicaraan di dalamnya. Dan mengandung kemungkinan bahwa Abu Raja' mendengar hadits tersebut dari kedua jalur itu semua. Selain Auf juga telah meriwayatkan hadits ini dari Abu Raja' dari Imran bin Hushain." (HR Tirmidzi).

 

 

Siksa penghuni neraka...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement