Senin 24 Jul 2023 07:26 WIB

Banyak Punya Teman Ahli Maksiat, Ini Doa Supaya Ditemani Orang Shaleh

Teman baik membuat kita sering berdoa kepada Allah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdoa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi orang berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berteman dengan orang-orang saleh akan mendatangkan kebaikan dan keberuntungan di dunia dan di akhirat. Sebab, orang-orang saleh akan mengingatkan temannya ketika di dunia sehingga tidak lalai terhadap perintah Allah dan sunah Rasulullah dan mengingatkan agar tidak terjerumus pada kemaksiatan. Sementara di akhirat, teman-teman yang saleh akan memberi syafaat sehingga mengajak serta teman-temannya masuk ke surga Allah SWT. 

Karena itu, bergaul dengan orang-orang yang taat akan membuat diri kita termotivasi untuk menambah ketaatan. Sebaliknya bergaul dengan pelaku maksiat berpotensi terjerumus melakukan kemaksiatan. Maka itu, hendaknya seorang Muslim berhati-hati memilih teman dalam bergaul. 

Baca Juga

Hendaknya berteman dengan orang yang baik akhlaknya dan taat dalam menjalankan ibadah. Sebab teman yang seperti itu akan mengingatkan diri kita untuk semakin dekat kepada Allah. Ucapan-ucapan yang keluar dari mulutnya pun akan menambah ilmu pada diri kita dan perbuatannya pun akan mengingat kita pada akhirat. 

Berikut doa agar memiliki teman-teman yang saleh: 

 

اَللّٰهُمَّ صِلْنِيْ بِمَنْ يُوْصِلُنِيْ إِلَيْكَ وَاجْمَعْنِيْ بِمَنْ يَجْمَعُنِيْ عَلَيْكَ وَيَسِّرْلِيْ مِنَ اْلأَعْمَالِ الصّالِحَةِ مَا يُوْجِبُ لِيَ الزُّلْفَى لَدَيْكَ

Allahumma Shilniy biman yuushiluniy ilaika, wajma'niy biman yajma'uniy 'alaika wayassirliy minal a'maalis sholihati maayuujibu liyaz zulfa ladaika

Artinya: Ya Allah antarkanlah aku kepada orang yang dapat mengantarkan aku kepadaMu, kumpulkanlah aku dengan orang yang dapat mengumpulkan aku denganMu, dan mudahkanlah amalan saleh yang menjadikanku dekat kepada-Mu.

Doa ini diajarkan oleh penulis kitab maulid Simtud Durar Habib Ali Al Habsyi dengan tujuan doa agar Allah SWT senantiasa menunjukan teman bergaul yang baik,  mengumpulkan dengan orang-orang yang dekat dengan Allah sehingga terdorong dan termotivasi menjadi orang yang dekat kepada Allah SWT. Doa dikutip dalam Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar yang disusun Habib Husein Anis Al Habsyi dan diterbitkan Pustaka Zawiyah. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement