Kamis 20 Jul 2023 06:56 WIB

Agar Dijauhkan dari Haram dan Maksiat, ini Doa yang Harus Dibaca

Doa akan mendekatkan hamba kepada Allah sehingga hati tenang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdoa
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi orang berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang arif adalah golongan orang yang memiliki derajat tinggi disisi Allah. Mereka memiliki ilmu dan kebijaksanaan dalam bersikap serta selalu mendapatkan bimbingan dari Allah. 

Orang-orang yang Arif sangat memperhatikan apa-apa yang dimakan, diminum, dan digunakannya adalah berasal dari sumber yang halal dan thayyib. Mereka menjauhkan diri dari setiap perkara syubhat apalagi yang haram.  Mereka senantiasa bergantung kepada Allah sehingga mendapat bimbingan dalam setiap langkah dalam menjalani hidup. 

Baca Juga

Oleh karena itu hendaknya seorang Muslim terus berupaya memperbaiki diri, meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan. Berikut doa agar menjadi orang yang Arif sebagaimana terdapat dalam khulashoh fi adzkarin wa ad'iyatin waaridatin wa matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz.

اللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا فُتُوحَ اَلْعَارِفِينَ ، وَاغْنِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِك ، وَبِطَاعَتِك عَنْ مَعْصِيَتِك ، وَبِفَضْلِك عَمَّنْ سِوَاك ، وَاهْدِنَا لِأَحْسَنِ الْأَعْمَالِ وَالْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إلَّا أَنْتَ. وَاصْرِفْ عَنَّا سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنَّا سَيِّئُهَا إلَّا أَنْتَ.

 

Allahummaftah 'alaina futuhal 'arifin, waghninaa bihalaalika 'an haroomika, wabitho'atika 'an ma'shiyatika, wabifadhlika 'amman siwaak, wahdinaa liahsanil a'maali wal akhlaqi laa yahdiy liahsaniha Illa anta. Washrif 'anna sayyiaha la tasrif 'anna sayyiaha Illa anta. 

Artinya: Ya Allah bukakanlah untuk kami segala sesuatu yang telah Engkau buka/berikan kepada orang-orang 'Arifin (golongan yang telah mencapai kedudukan tinggi). Cukupkanlah kami dengan yang halal daripada yang haram, dan cukupkan kami dari ketaatan daripada kemaksiatan kepada-Mu, dan dengan memperkaya kami dengan karunia-Mu daripada selain-Mu. Bimbinglah kami untuk melakukan sebaik-baiknya amal dan akhlak, karena tidak ada yang bisa membimbing kami kepada-Nya, kecuali Engkau. Jauhkan kami dari perbuatan jahat, karena tidak ada yang bisa singkirkan kejahatan kecuali Engkau. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement