Selasa 18 Jul 2023 19:57 WIB

Adab dan Doa Menjenguk Bayi yang Baru Lahir

Dianjurkan membaca doa saat menjenguk bayi yang baru lahir.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Adab dan Doa Menjenguk Bayi yang Baru Lahir. Foto: Bayi yang sedang digantikan popok (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Adab dan Doa Menjenguk Bayi yang Baru Lahir. Foto: Bayi yang sedang digantikan popok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran seorang bayi dalam sebuah keluarga merupakan hal yang ditunggu-tunggu, bukan hanya orang tuanya saja. Kabar bahagia ini juga bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi saudara dan kerabat.

Di Indonesia, biasanya setiap ada kabar bayi yang baru lahir akan disusul dengan keinginan untuk menjenguk. Saat menjenguk ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan adabnya.

Baca Juga

Salah satunya adalah membacakan doa bagi kelahiran manusia baru ini. Doa tersebut merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT, sekaligus mempererat tali silaturahmi.

Doa yang bisa dibacakan oleh yang menjenguk adalah

 

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Terjemahan: Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya.

Bagi pihak yang dijenguk, dianjurkan membaca doa:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jazâkallâhu khairan wa razaqakallâhu mitslahu au ajzalallâhu tsawâbaka

Terjemahan: Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rizqi yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu.

Selain itu, ada baiknya sebelum berkunjung ke rumah si bayi agar memberikan kabar kepada keluarga. Tujuannya, agar tidak mengganggu waktu istirahat dan memberi kesempatan orang yang di rumah untuk mempersiapkan diri. Usahakan menjaga durasi waktu kunjungan agar tidak terlalu lama ata berlebih.

Sebelum menyentuh bayi yang baru lahir, sebaiknya mencuci tangan dengan bersih. Langkah ini penting, agar tidak ada virus dan bakteri dari luar yang mengenai Si Kecil dan menyebabkan penyakit. Jangan lupa, mintalah izin terlebih dulu kepada kedua orang tuanya sebelum memegang bayi.

Hindari memberikan komentar-komentar negatif atau tidak perlu kepada orang tua si bayi. Sebaliknya, saat berkunjung sampaikan semangat dan motivasi sebagai bentuk dukungan dan perhatian kepada keluarga si kecil.  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement