Selasa 18 Jul 2023 05:35 WIB

Doa Awal Tahun 1 Muharram 1445 Hijriyah

Dianjurkan membaca doa awal tahun 1445 hijiriyah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Awal Tahun 1 Muharram 1445 Hijriyah. Foto: Ilustrasi malam hari
Foto: Republika/mgrol101
Doa Awal Tahun 1 Muharram 1445 Hijriyah. Foto: Ilustrasi malam hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam akan menyambut tahun baru 1 Muharam 1445 Hijriyah yang berdasarkan penanggalan masehi jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Para ulama mengingatkan dalam pergantian tahun baru hijriyah untuk memperbanyak berdzikir dan membaca doa kepada Allah SWT. 

Disarankan bagi umat Islam agar memanjatkan doa awal tahun 1445 H. Dengan harapan agar Allah SWT melimpahkan rahmat, perlindungan, keselamatan, kesehatan, rezeki dan husnul khatimah. Berikut doa awal tahun:

Baca Juga

Doa Awal Tahun: 

Dikutip dari Imam Suyuthi dalam Kitab Jami Al Kabir

   اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

Allahumma antal abdiyul qodiymul awaalu wa 'ala fadhlikal 'adzimi wakarimi Judikal mu'awaal, wa hadzal 'aamun jadiydun qod aqbala. Asalukal 'ismata fiyhi minas saythooni wa awliyaaih. Wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammaroti bissuui, wal isytighooli bimaa yuqrobuniy ilaika zulfaa yaa dzaljalaali wal ikhroomi

Artinya: Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. 

photo
Infografis Dalil Puasa Muharram - (Infografis Dalil Puasa Muharram)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement