Kamis 06 Jul 2023 16:29 WIB

Doa Sebelum dan Sesudah Minum Air Putih 

Ada banyak manfaat dari mengonsumsi air putih secara rutin.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Dianjurkan berdoa sebelum minum. Foto: Minum air (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Dianjurkan berdoa sebelum minum. Foto: Minum air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum air putih tak sekedar untuk menghilangkan dahaga, tetapi juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Minuman paling baik untuk memenuhi cairan tubuh adalah air putih karena bebas dari kalori dan gula. 

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI dijelaskan bahwa kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. 

Baca Juga

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

Ada banyak manfaat dari mengonsumsi air putih secara rutin. Di antaranya adalah mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, menimbulkan kejah hingga syok. Mengkonsumsi air putih secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi otot, menurunkan berat badan, memelihara kesehatan kulit, menjaga konsentrasi, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah batu ginjal, menjaga tekanan darah, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan stamina. 

Namun demikian sebagai Muslim dianjurkan untuk membaca doa sebelum mengkonsumsi air putih dan sesudahnya. Berikut doanya:

Doa sebelum minum air putih:

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allahumma barik lana fiyma rozaq tana waqina 'adzaban naari, bismillah 

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah. 

Dan setelah minum dianjurkan baca doa berikut sebagaimana dapat ditemukan pada kitab Maslakul Akhyar, Sayid Utsman bin Yahya. Berikut doanya:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا أُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini tawar lagi bening dengan sebab rahmat-Nya, dan tidak menjadikan air ini asin pahit lagi keruh dengan sebab dosa kami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement