Selasa 06 Jun 2023 05:10 WIB

Doa dan Amalan Mencegah Tuyul Masuk Rumah

Warga Tasikmalaya dihebohkan dengan pengakuan tuyul mencuri uang di rumah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa dan Amalan Mencegah Tuyul Masuk Rumah. Foto:   Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Doa dan Amalan Mencegah Tuyul Masuk Rumah. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Warga Tasikmalaya Jawa Barat ramai memperbincangkan tuyul yang beraksi mengambil uang sejumlah warga di kampung Burujul, Kelurahan Nagarasari. Berawal dari Euis (55 tahun) yang mengaku sering kehilangan uangnya, Euis pun memasang spanduk memperingatkan pemilik tuyul agar bertobat.  Setelah memasang spanduk itu, sejumlah tetangganya juga bercerita sering kehilangan uang juga. Tetangganya juga mengaku sering mengalami kehilangan uang sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Dalam sejarah awal Islam, juga ada makhluk halus yang suka mencuri uang, meski tidak disebut tuyul. Ini terjadi pada zaman Rasulullah ﷺ ada jin pencuri yang mengambil makanan zakat. Jin tersebut selama tiga malam berturut-turut bertemu dengan Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Sementara di Indonesia jin yang suka mencuri diistilahkan dengan tuyul.

Baca Juga

"Di masyarakat kita ada sebuah keyakinan yang disebut dengan tuyul. Sebetulnya tuyul itu ada atau tidak karena identik buat tuyul itu adalah jin yang suka mencuri harta, jin yang suka mencuri uang. Kalau kita perhatikan dari Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Kita dapati bahwa disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan imam Muslim dalam sahihnya dari hadits Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW menugaskan Abu Hurairah untuk menjaga makanan zakat fitrah," kata Pendakwah Ustadz Badru Salam, dikutip dari Youtube, Ahad (6/4/2023). 

Mengenai hal ini, ada amalan yang dapat mencegah rumah dimasuki tuyul dan melindungi harta agar tidak diambil tuyul. Pertama, memperbanyak baca basmalah dan doa ini:

Lafaz Basmalah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya dalam melindungi rumah dari setiap kejahatan makhluk, baik yang nampak maupun yang ghaib termasuk dari tuyul. Syekh Nawawi Al Bantani dalam kitab Kasyifah Al Syaja menganjurkan agar memperbanyak membaca basmalah agar rumah terlindungi dari berbagai kejahatan. 

ومن خواصها إذا تلاها شخص عند النوم إحدى وعشرون مرة أمن تلك الليلة من الشيطان وأمن بيته من السرقة وأمن من موت الفجأة وغير ذلك من البلايا    

Di antara khasiat atau keistimewaan basmalah adalah, jika dibaca seseorang sewaktu akan tidur sebanyak 21 kali, pada malam itu ia akan aman dari gangguan setan, rumahnya akan aman dari kemalingan, aman dari kematian mendadak, dan aman dari berbagai petaka lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement