Jumat 26 May 2023 08:00 WIB

Amalan yang Diperbanyak Saat Hari Jumat

Sejumlah amalan di hari Jumat dianjurkan diperbanyak karena banyak keutamaannya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
 Amalan yang Diperbanyak saat Hari Jumat. Foto:  Berdzikir. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Amalan yang Diperbanyak saat Hari Jumat. Foto: Berdzikir. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pada Hari ini, Jumat (26/5/2023), Muslim bisa melakukan sejumlah amalan ibadah. Ini karena hari Jumat memiliki banyak keutamaan.

Dengan banyaknya keutamaan pada hari Jumat, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk giat melakukan berbagai amal kebaikan di hari yang juga digelari dengan sayyidul ayyam (tuan segenap hari). Beberapa amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak membaca Alquran, berdoa, dan sholawat. 

Baca Juga

1. Memperbanyak bacaan Alquran

Membaca Alquran menjadi kebutuhan bagi seorang Muslim setiap harinya. Namun membaca Alquran pada hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu hadist Nabi bahkan mengatakan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat wajah pembacanya seperti disinari cahaya. 

 

عن أبي سَعيدٍ الخُدريِّ عنِ النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم أنَّه قال: مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتين

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi).

photo
Infografis Rukun Haji - (Republika)

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement