Senin 15 May 2023 03:10 WIB

Niat Sholat Dhuha dan Pembuka Pintu Rezeki

Sholat Dhuha merupakan ibadah sunnah.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengerjakan sholat dhuha.
Foto: Surya Dinata/RepublikaTV
Ilustrasi mengerjakan sholat dhuha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah SWT akan mencukupkan rezeki bagi hambah-Nya yang melaksanakan sholat sunnah Dhuha.  Karena itu, sholat sunnah yang satu ini kerap disebut sebagai sholat pembuka pintu rezeki.

Rasulullah SAW bersabda : “Wahai anak adam, janganlah engkau luput dari 4 rakaat di awal harimu, niscaya akan aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu,” (HR Ahmad).

Baca Juga

Waktu pelaksanaan sholat dhuha pada pagi hari, antara pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Sholat dhuha bisa dikerjakan secara berjamaah maupun munfarid dengan jumlah rakaat mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat, hingga 12 rakaat.

Berikut ini bacaan niat sholat sunnah dhuha dan bacaan surat yang dianjurkan.

 

Niat 

 اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatadh dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.

"Aku niat mengerjakan sholat sunah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Mahabesar."

Tata cara mengerjakan sholat dhuha sama sepeti mengerjakan sholat wajib. Kemudian pada rakaat pertama diajurkan membaca surat asy-syam lalu pada rakaat kedua membaca surat Adh-Dhuha.

Doa sesudah sholat dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُوَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَآتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement