Jumat 09 Jun 2023 05:21 WIB

3 Adab Penting Agar Doa Terkabul

Doa merupakan salah satu ibadah yang memiliki keutamaan dalam Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi doa bersama. 3 Adab Penting Agar Doa Terkabul
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi doa bersama. 3 Adab Penting Agar Doa Terkabul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berdoa. Doa tidak semata-mata langsung menyampaikan sesuatu yang hendak diminta kepada Allah SWT. Tapi ada adab atau tata caranya, sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam hadits dikatakan, Nabi Muhammad SAW pernah mendengar seorang laki-laki berdoa dalam sholatnya tetapi tidak mengagungkan Allah SWT dan juga tidak bershalawat kepada Nabi SAW. Lalu beliau berkata, "Orang ini terburu-buru."

Baca Juga

Lantas, Nabi SAW memanggil orang tersebut, dan bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian memanjatkan doa, maka hendaknya (pertama) memulai dengan mengagungkan Tuhannya Yang Maha Agung dan Perkasa, (kedua) dengan memuji kepada-Nya, (ketiga) dengan bershalawat kepada Nabi SAW, (keempat) kemudian berdoa dengan apa yang ia inginkan." (HR Abu Dawud)

Tata cara yang disebutkan di hadits tersebut, mengandung rumus agar doa terkabul. Artinya, ada tiga rumus penting yang perlu diperhatikan sebelum mengucapkan doa, agar kemudian doa itu terkabul. Dengan itulah, lebih mungkin dikabulkan Allah SWT.

 

Doa merupakan salah satu ibadah yang memiliki keutamaan dalam Islam. Untuk itu, ketika seorang Muslim ingin doanya dikabulkan dan dimudahkan segala persoalan yang dihadapinya, maka alangkah baiknya memperhatikan tiga hal yang dianjurkan Nabi SAW untuk dilakukan sebelum berdoa.

Adapun bila dirunut, berikut ini tiga adab sebelum memanjatkan doa kepada Allah SWT.

3 Adab Penting Agar Doa Terkabul...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement