Selasa 06 Jun 2023 11:54 WIB

6 Lokasi yang Baik untuk Berdoa kepada Allah SWT, Ka'bah Paling Utama

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa berdoa

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam berdoa didepan Kabah di Masjidil Haram (Ilustrasi). Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa berdoa
Foto: REPUBLIKA
Umat Islam berdoa didepan Kabah di Masjidil Haram (Ilustrasi). Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Doa merupakan 'senjata' bagi orang yang beriman. Dengan berdoa dalam waktu susah maupun senang, Allah SWT akan senantiasa memudahkan segala perkara yang hamba-Nya lalui.

Bahkan, Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Ghafir ayat 60: 

Baca Juga

 وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ Yang artinya, "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Sementara itu, dalam surat Al Baqarah dijelaskan tentang keutamaan berdoa kepada Alllah SWT.

 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al Baqarah ayat 186). 

Berikut enam tempat yang paling baik untuk berdoa sebagaimana dikutip dari buku Kumpulan Doa-Doa terbitan Kementerian Agama:

Pertama, di depan dan di dalam Ka'bah

Kedua, di Masjid Nabawi (Masjid Nabi)

Ketiga, di belakang makam Nabi Ibrahim alaihissalam

Keempat, di atas bukit Shafa dan Marwa

Kelima, di Arafah, Muzdalifah, Mina, dan di sisi Jamarat yang ketiga

Keenam, di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti masjid atau mushala

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

Jika ibadah digambarkan ke dalam struktur tubuh manusia, doa merupakan bagian otaknya ibadah. Doa berperan merencanakan, memulai, dan mengevaluasi. Saat seseorang hendak melakukan pekerjaan dengan berdoa, berarti dia sedang merencanakan sesuatu. Hal ini juga serupa jika doa diibaratkan dengan sebuah pekerjaan yang mendapatkan imbalan.

Seseorang yang melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan tentunya akan mendapatkan imbalan atas pekerjaannya. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan maupun imbalan berupa terkabulnya doa. Kesimpulannya, doa merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak doa dipanjatkan maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.     

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement