Kamis 04 May 2023 03:21 WIB

Inilah Dzikir Warisan Nabi Muhammad, Muslim Diimbau Sering Ucapkan

Dzikir ini dapat mempengaruhi kehidupan seorang Muslim.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Berdzikir. Ilustrasi. Inilah Dzikir Warisan Nabi Muhammad, Muslim Diimbau Sering Ucapkan
Foto:

4. Allahuakbar

Allah Maha Besar, begitu arti harfiahnya. Secara maknawi, kalimat takbir menunjukkan, Allah harus menjadi yang terbesar dalam hidup seorang Muslim. Allah dan ridha-Nya lebih besar dari apapun.

Itulah juga mengapa sholat dimulai dengan mengucapkan takbir, dan hampir setiap perubahan gerakan dalam sholat diisi dengan mengucapkan takbir. Allah SWT lebih dari dunia dan seisinya. Maka, jangan sibuk dengan sesuatu yang lebih kecil dari yang lebih besar itu.

5. Laa hawla wa laa quwwata illa billah

"Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung". Demikian artinya. Kalimat ini menandakan, kita sebetulnya hanyalah desiran debu yang tak berarti apa-apa, meski setidaknya, berguna buat tayamum.

Tidak terjadi segala hal kecuali dengan kekuatan Allah SWT. Kita kuat, punya harta dan kekuasaan, misalnya, sejatinya itu bukan karena kekuatan kita, melainkan karena kekuatan Allah yang membuat kita mampu meraih. Hanya dengan kekuatan Allah, semua terjadi. Dan hanya dengan kekuatan-Nya, segala hal tercegah.

Kalimat 'Laa hawla wa laa quwwata illa billah', mengandung hakikat yang tinggi dan makna yang sungguh berharga karena kalimat ini adalah salah satu harta surga.

Nabi Muhammad SAW suatu kali berkata kepada Abdullah bin Qais, "Wahai Abdullah bin Qais, bukankah aku telah mengajarimu satu kalimat yang termasuk harta surga?" Kalimat itu ialah 'Laa hawla wa laa quwwata illa billah.'

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement