Jumat 14 Apr 2023 04:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Bencana Moral Menghancurkan Peradaban Manusia

Setiap kita berkewajiban menyelamatkan generasi dari berbagai perilaku menyimpang.

Siswa penyandang disabilitas membaca Alquran (tadarus) menggunakan bahasa isyarat di Masjid Ar Rahman Pusyansos Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Kota Cimahi, Rabu (12/4/2023). Kegiatan yang diikuti oleh sedikitnya 35 siswa penyandang disabilitas tersebut dalam rangka mengisi waktu luang di bulan Ramadhan dengan memperdalam ilmu agama, membaca Alquran, ibadah dan hafalan doa. Naskah Khutbah Jumat: Bencana Moral Menghancurkan Peradaban Manusia
Foto:

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Penyakit sosial yang melanda generasi umat tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa penanganan serius. Ia harus diobati sedini mugkin agar tidak menjadi kronis dan berdampak lebih luas.

Pendidikan yang baik dalam keluarga menjadi tameng kukuh untuk menjaga anak keturunan dari perilaku yang menyimpang. Orang tua berkewajiban untuk menjaga keluarganya dari berbagai hal yang mendatangkan kemurkaan Allah, sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Q.S. at-Tahrim: 6).

Salah pergaulan menjadi pintu terjadinya dekadensi moral. Lazimnya, para pelaku kejahatan atau pelanggaran terhadap aturan negara dan agama tidak sendirian dalam menjalankan aksinya.

Mereka akan bersama-sama saling menjerumuskan rekannya dalam jurang nista. Para penjudi akan berkomplot dengan sesama penjudi. Pemabuk akan berkumpul dengan sesama pemabuk.

Maling akan mencari teman yang memiliki kebiasaan yang sama untuk mencuri dan seterusnya. Hal ini bisa kita lihat ketika pihak berwajib melakukan operasi penertiban penyakit masyarakat.  Biasanya yang terjaring bukan hanya satu orang tapi kadang dalam jumlah yang relatif banyak.

Perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh orang yang menjadi temannya. Umumnya seseorang akan meniru gaya dan karakter orang yang sering bersamanya. Bergaul dengan orang yang tidak baik akhlak dan moralitasnya, akan mendorong seseorang untuk bersikap seperti temannya itu. Oleh karena itu Rasululah mengingatkan kita dalam sabda beliau:

الرَّجُلُ عَلَى دِيْنِ خَلِيْلِهِ، فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخْالِلُ

“Seseorang di atas agama sahabatnya, hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa yang hendak ia jadikan sahabatnya.” (H.R. at-Tirmidzi).

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/03/31/bencana-moral/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement