Selasa 28 Mar 2023 15:52 WIB

Doa Ketika Bercermin

Dianjurkan membaca doa saat bercermin.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Doa Ketika Bercermin. Foto:  Bercermin (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Doa Ketika Bercermin. Foto: Bercermin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Berdoa merupakan adab, ia juga dapat dimaknai sebagai memohon pertolongan kepada Allah SWT. Namun demikian dalam Islam, berdoa bukan hanya dilakukan bagi mereka yang terkena musibah saja, namun selayaknya bagi tiap-tiap Muslim memang harus memanjatkan doa dalam melakukan apapun.

Doa merupkan unsur yang paling esensial dalam ibadah. Rasulullah bersabda, "Doa itu ibadah. Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang,".

Baca Juga

Untuk itu perlu kiranya umat Muslim membaca doa, termasuk salah satunya adalah doa ketika bercermin. Dalam buku Kumpulan Doa Sehari-Hari terbitan Kementerian Agama disebutkan,

Berikut lafadz doa bercermin, "Allahumma kamaa hassanta kholqi fahassin khuluqiy,". Yang artinya, "Ya Allah, sebagaimana Engkau memperindah kejadianku (rupaku), maka perindah pulalah akhlakku,". (HR Ahmad).

 

Adapun lafadz doa bercermin yang lain, sebagai berikut, "Alhamdulillahilladzi sawa kholqi fa'addalahu wa karroma shurota wajhiy fahassanaha wa ja'alaniy minal-Muslimin,". Yang artinya, "Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindah dan memuliakan rupaku, lalu membaguskannya dan menjadikan aku orang Islam,". (HR Ibnu As-Sani).

Agar doa yang kita panjatkan dikabulkan Allah, maka di dalam berdoa umat Islam perlu memperhatikan hal-hal pokok sebelum doa dipanjatkan. Mulai dari cara, waktu, dan tempat berdoa.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement