Sabtu 18 Mar 2023 06:40 WIB

Doa Rasulullah untuk Umatnya agar Mendapat Keberkahan di Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Doa. Doa Rasulullah untuk Umatnya agar Mendapat Keberkahan di Pagi Hari
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Doa. Doa Rasulullah untuk Umatnya agar Mendapat Keberkahan di Pagi Hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat dianjurkan bagi setiap Muslim untuk memulai setiap rutinitasnya pada pagi hari. Sebab pagi hari merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan.

Salah satunya mendatangkan keberkahan. Rasulullah SAW sendiri yang secara langsung mendoakan umatnya agar mendapatkan keberkahan di waktu pagi. Dan sudah pasti doa Rasulullah diijabah Allah SWT.

Baca Juga

Rasulullah berdoa sebagai berikut.

 

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا

 

Allahumma barik liummatiy fii bukuriha

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya

Orang-orang yang dapat mengoptimalkan waktu paginya dengan kegiatan yang bermanfaat, maka lebih mudah untuk mencapai keberhasilan dari perkara yang dikerjakannya. Itu sebabnya Rasulullah SAW ketika mengirim pasukannya ke medan tempur memilih pada waktu pagi.

Begitupun para sahabat, para tabiin dan tabiit tabiin, para wali Allah senantiasa bersemangat memulai aktivitasnya pada pagi hari. Salah satunya adalah Shakhr al Ghamidi atau Shakhr bin Wida'ah seorang sahabat nabi dari Thaif. 

Shakhr adalah seorang pedagang yang sukses dan kaya raya sebab dirinya memiliki kebiasaan mengirim barang dagangan pada pagi hari. Keterangan ini sebagaimana dapat ditemukan pada hadits nabi Muhammad SAW:  

 

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ حَدِيدٍ عَنْ صَخْرٍ الْغَامِدِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا قَالَ وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشًا بَعَثَهُمْ فِي أَوَّلِ النَّهَارِ قَالَ وَكَانَ صَخْرٌ رَجُلًا تَاجِرًا فَكَانَ يَبْعَثُ تِجَارَتَهُ فِي أَوَّلِ النَّهَارِ فَأَثْرَى وَكَثُرَ مَالُهُ

 

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Husyaim dari Ya'la bin 'Atha dari Umarah bin Hadid dari Shakhr Al Ghamidi ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya." Shakhr Al Ghamidi berkata, "Beliau jika mengutus ekspedisi, atau pasukan beliau memberangkatkannya di pagi hari." Ia (perawi) berkata, "Shakhr Al Ghamidi adalah seorang pedagang, ia biasa mengirim barang dagangannya di pagi hari hingga beruntung dan melimpahlah hartanya." (HR. Ibnu Majah) 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement