Jumat 10 Mar 2023 04:00 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh

Menundukkan pandangan bisa menyucikan hati dan memperbanyak ketaatan.

Naskah Khutbah Jumat: Menjaga Lima Organ Tubuh
Foto:

Lisan yang tidak digunakan untuk berzikir maka akan menjadi lisan yang sia-sia, apalagi lisan yang digunakan untuk ghibah, maka ia akan hancur. Perumpamaan orang yang ghibah adalah ia menyiapkan ketapel, kemudian melempar kebaikan yang ia miliki dengan ketapel tersebut ke arah timur dan barat, kanan dan kiri.

Muadz bin Jabal pernah dinasehati Rasulullah SAW perihal lisan: “cukupkanlah lisanmu untuk membaca al-Qur’an dan menuntut ilmu. Dan janganlah memecah belah manusia dengan lisanmu, karena hal itu menyebabkanmu menjadi anjing neraka”.

Keempat adalah menjaga hati. Wajib bagi kita menjaga hati dan memperbaikinya dengan amal shalih. Karena hati adalah tempat di mana kita menyimpan semua rahasia dan niat. Sehingga isi hati manusia inilah yang dilihat oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Nabi SAW:

عَنْ أبي هُريْرة قَالَ: قالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: إِنَّ الله لا يَنْظُرُ إِلى أَجْسامِكْم، وَلا إِلى صُوَرِكُمْ، وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وأعمالكم رواه مسلم

“Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: ‘sesungguhnya Allah tidak melihat jasad kalian, tidak pula bentu rupa kalian, akan tetapi Allah melihat ke hati dan amal kalian”

Hati merupakan pusat kendali dan raja bagi tubuh. Seluruh anggota tubuh yang lain adalah pengikut bagi hati. Apabila raja dalam tubuh istiqamah menjalankan syariat, maka anggota tubuh lain juga mengikutinya. Sebaliknya, apabilan hati rusak, maka rusak pula anggota tubuh yang lain.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/03/02/menjaga-lima-organ-tubuh/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement