Kamis 22 Dec 2022 13:38 WIB

Peringatan Alquran, Allah Tahu Pandangan Mata Khianat dan Isi Hati Manusia

Allah mengetahui pandangan mata yang mengarah kepada perbuatan maksiat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Peringatan Alquran, Allah Tahu Pandangan Mata Khianat dan Isi Hati Manusia
Foto: Republika.co.id
Peringatan Alquran, Allah Tahu Pandangan Mata Khianat dan Isi Hati Manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menegaskan Allah SWT mengetahui pandangan mata yang khianat dan yang tersembunyi dalam setiap dada atau hati manusia. Melalui penegasan ini, Alquran mengingatkan manusia agar tidak melakukan maksiat meski tidak ada orang yang melihat dan hanya di dalam hati karena Allah Maha Mengetahui.

يَعْلَمُ خَاۤىِٕنَةَ الْاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِى الصُّدُوْرُ

Baca Juga

Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang tersembunyi di dalam dada. (QS Gafir: 19)

Ayat di atas mengandung arti bahwa Dia yakni Allah mengetahui pandangan mata yang khianat, seperti kerlingan sekejap yang mengarah kepada perbuatan maksiat walau orang lain tidak melihat, dan apa yang tersembunyi dalam dada yang tidak diutarakan dengan kata-kata.

 

Pada ayat ini, menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah menerangkan bahwa Dia mengetahui penglihatan mata yang khianat dan pandangan yang curang. Mata yang khianat adalah penglihatan mata pada hal-hal yang diharamkan dengan sembunyi-sembunyi agar tidak diketahui orang lain.

Ibnu ‘Abbas memberikan contoh penglihatan mata seorang yang khianat, bahwa seseorang berada di tengah-tengah kaumnya, maka lewatlah di dekat mereka seorang perempuan. Ia memperlihatkan kepada kaumnya bahwa ia memejamkan matanya dan tidak melihat wanita yang lewat itu. Kalau kaumnya tidak memperhatikannya, ia membuka matanya melihat wanita itu. Tetapi kalau kaumnya melihat dia, ia menunduk lagi menyembunyikan pandangannya.

Sementara, Allah mengetahui bahwa di dalam hati laki-laki itu tersembunyi niat ingin melihat aurat wanita yang lewat itu.

"Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (QS At-Tagabun: 4)

Katakanlah, "Jika kamu sembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu nyatakan, Allah pasti mengetahuinya." (QS Ali ‘Imran: 29)

Kalau yang tersembunyi seperti bisikan hati diketahui oleh Allah, tentunya lebih-lebih lagi yang nyata dan ada di sekitar kita, yang ada di langit dan di bumi, yang diturunkan dari langit dan apa yang naik daripadanya.

Sebagaimana firman Allah, "Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka…" (QS Al-Baqarah: 255).

Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. (QS At-Tagabun: 4)

Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang keluar darinya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. (QS Saba': 2)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement