Kamis 15 Dec 2022 05:31 WIB

Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri, Bacalah Doa Ini

Berhubungan suami istri adalah ibadah maka dianjurkan memulainya dengan membaca doa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri, Bacalah Doa Ini. Foto: Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri, Bacalah Doa Ini. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam kitab Tuhfah al-Arusain karya Majdi bin Manshur bin Sayyid asy-Syuri dijelaskan tentang doa sebelum melakukan jimak.

Doa itu terkandung dalam hadits, sebagaimana diriwayatkan Bukhari dari Ibnu Abbas.

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Seandainya salah seorang dari kalian, ketika menggauli istrinya, mengucapkan, 'Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkan setan dari kami dan jauhkan setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami,' lalu keduanya ditakdirkan memiliki anak, maka setan tersebut tak membahayakannya."

Teks doa itu sebagai berikut:

 

بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillahi Allahumma jannibnaa asy-syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.

(Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkan setan dari kami dan jauhkan setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami,')

Menurut  al-Qadhi, ada yang mengatakan, bahwa yang dimaksud dengan "setan tidak membahayakannya" dalam hadits itu ialah, anak itu tak akan dirasuki setan.

Dengan memanjatkan doa tersebut maka bila pasangan suami istri itu dikaruniai keturunan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dari hubungan keduanya, maka setan tak akan dapat mencelakakan anak itu.

Ibadah

Suatu ketika, sejumlah sahabat Nabi Muhammad bertanya:

"Wahai Rasulullah, apakah jika salah seorang dari kami mendatangi syahwatnya (berhubungan badan dengan istrinya) maka mendapat pahala?

Nabi Muhammad SAW menjawab: "Apa pendapat kalian seandainya dia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, bukankah dia mendapatkan dosa. Maka demikian pula jika dia melampiaskan syahwatnya pada yang halal, maka dia memperoleh pahala." (HR. Muslim).

Karena bernilai ibadah, hubungan seksual antara suami dan istri pun patut menuruti kaidah agama. Salah satunya dengan membaca doa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement