Doa yang Dibaca Ketika Melihat Orang Lain Pakai Baju Baru

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

 Kamis 08 Dec 2022 12:44 WIB

Ilustrasi membeli baju baru. Disunnahkah membaca doa ketika melihat orang lain pakai baju baru Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Ilustrasi membeli baju baru. Disunnahkah membaca doa ketika melihat orang lain pakai baju baru

Disunnahkah membaca doa ketika melihat orang lain pakai baju baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Beragam respons orang ketika melihat saudara, teman, atau tetangga mengenakan pakaian baru.

Ada yang memberikan pujian karena desain pakaian yang bagus, ada yang mengucapkan selamat, dan ada juga yang mengomentari dengan detail pakaian baru tersebut mulai dari warna, ukuran, motif, hingga merek dan harga.  

Baca Juga

Namun banyak orang yang justru lupa memanjatkan doa ketika melihat orang lain mengenakan pakaian baru. Padahal mendoakan orang lain yang memakai pakaian baru diajarkan Rasulullah SAW sehingga melakukannya bernilai sunnah.

Seorang Muslim ketika melihat orang lain mengenakan pakaian baru hendaknya berdoa kepada Allah SWT, yaitu mendoakan agar orang yang mengenakan pakaian baru tersebut menempatkan kebaikan hidup, lapang rezeki, dan akhir hayat yang baik.

Seperti apa doanya? Berikut doa ketika melihat orang memakai pakaian baru: 

الْبَسْ جَدِيدًا ، وَعِشْ حَمِيدًا ، وَمُتْ شَهِيدًا ، وَيَرْزُقُكَ اللَّهُ تَعَالَى قُرَّةَ عَيْنٍ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Ilbas jadidan wa ‘isy hamidan wa mut syahidan wa yarzuqokallahu ta’ala qurrata ‘ainin fiddunya wal akhiroh

“Pakailah pakaian baru, dan hiduplah dengan terpuji, dan matilah syahid, dan semoga Allah memberikan rezeki kepadamu dengan kesejukan mata di dunia dan akhirat.” 

Prinsip pakaian

Pakaian mempunyai kaitan erat dengan pemakainya. Pakaian mencerminkan karakter dan kepribadian. Masing-masing profesi menuntut jenis pakaian yang berbeda. Oleh karena itu, dalam berpakaian, seseorang harus mengikuti cara berpakaian sesuai aturan agama.

Islam sebagai agama yang sempurna telah memberikan ketentuan dalam kehidupan, salah satunya ketentuan dalam berpakaian untuk menutup aurat. Allah SWT berfirman: 

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS al-Araf ayat 26).

Ayat di atas menegaskan kepada kaum Muslimin tentang berpakaian untuk menutup aurat. 

Pakaian merupakan salah satu nikmat sangat besar yang Allah SWT berikan kepada manusia. 

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat pakaian itu adalah mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan-Nya.     

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini