Selasa 29 Nov 2022 14:36 WIB

Doa Tolak Bala Agar Terhindar dari Musibah

Bagi seorang Muslim, doa adalah senjata.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi. Doa Tolak Bala Agar Terhindar dari Musibah
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdoa. Ilustrasi. Doa Tolak Bala Agar Terhindar dari Musibah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang tidak ingin tertimpa bala atau musibah, akan tetapi bala atau musibah bisa datang kapan saja dan di mana saja jika Allah SWT sudah berkehendak.

Bagi seorang Muslim, doa adalah senjata maka Islam mengajarkan agar Muslim berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa agar terhindar dari bala atau musibah. Di kalangan umat Islam ada doa yang umum dipanjatkan untuk menolak bala atau msibah. Berikut adalah doanya.

Baca Juga

Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya malli ibaadihii yaghfiru wayarham yaa daafi'al bala'i. Yaa Allah wa yaa daafi'al bala'i yaa rahmaan wa yaa daafi'al balaa'i yaa rahiim idfa' annal gholaa'a wal balaa'a wal wabaa'a wal fahsyaa'a wal mungkara was suyuufal mukhtalifata wasy syada-ida wal mihana maa dhahara minhaa wamaa bathana fii baladinaa hadzaa khash shataw wamibbul daanil muslimiina ' aammatan innaka' alaama tasyaa'u qadiir.

Artinya:

Ya Allah, dengan kebenaran Fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam Fatihah, ya Allah Tuhan Yang Melapangkan Kedudukan dan Yang Menghilangkan Kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha Kasih Sayang kepada hamba-Nya, Ya Allah, Tuhan Yang Menghindarkan Bala, Ya Allah Tuhan Pengasih Yang Menolakkan Bala, Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang Yang Menjauhkan Bala, tolakanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Sebagian Muslim ada yang membaca doa tolak bala dengan doa seperti di bawah ini.

Allaahummadfa' 'annal-gholaa'a wal-wabaa'a wal-fahsyaa'a wal-munkara was-suyuufal-mukhtalifata wasy-syadaa'ida wal-mihana maadhohara minhaa wa maabaathana mim balaadinaa khaassataw wa min buldaanil-muslimiina 'aammatan. innaka 'alaa kulli syai'in qodiir.

Artinya:

Ya Allah, hindarkanlah kami dari resesi ekonomi, musibah penyakit, kekejian, kemungkaran dan bencana yang timbul karena perang, kesulitan-kesulitan dan berbagai petaka baik yang lahir maupun yang batin dari negeri kami khususnya atau dari negeri kaum Muslim pada umumnya, sesungguhnya Engkau Maha atas segala sesuatu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement