Doa Habib Ali Al Habsyi Agar Hidup Bahagia dalam Ketaatan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

 Kamis 24 Nov 2022 06:32 WIB

Berdoa (Ilustrasi) Foto: Republika/Thoudy Badai Berdoa (Ilustrasi)

Doa ini dapat ditemukan pada Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar

REPUBLIKA.CO.ID,Ketika seorang hamba diuji dengan penderitaan lalu dia bersabar, serta bertawakal kepada Allah dalam menghadapi ujian tersebut dengan terus berikhtiar untuk keluar dari penderitaan itu, maka orang tersebut sejatinya adalah hamba Allah yang benar dan kuat imannya dan merekalah orang yang bertakwa. Mereka dicintai Allah SWT. Dan bagi mereka Allah SWT memberikan balasan dengan pahala yang berlipat. 

Namun demikian ada hamba Allah yang lebih istimewa. Yakni hamba yang diuji Allah dengan kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan dalam hidup di dunia namun dia justru tidak melupakan Allah. Kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan hidup yang dirasakannya justru membuatnya semakin taat kepada Allah SWT. 

Baca Juga

Kendati ia memiliki banyak harta, memiliki tubuh yang sehat, memiliki istri dan anak keturunan yang bagus secara zahir dan batinnya, menjadi yang dihormati banyak orang, namun jiwa raganya tetap tunduk dan sujud kepada Allah SWT. Ia senantiasa bersyukur, meningkatkan kualitas iman dan takwanya, dan terus berada dalam ketaatan. Maka kelak hamba model seperti ini tergolong hamba yang mendapatkan kenikmatan dan kesenangan di dunia dan di akhirat. 

Muallif Simtud Durar Habib Ali Al Habsyi mengajarkan sebuah doa agar Allah SWT memberikan kegembiraan dan kebahagiaan dalam hidup namun tetap dalam ketaatan kepada Allah SWT. Doa ini dapat ditemukan pada Biografi Habib Ali Al Habsyi Muallif Simtud Durar yang disusun Habib Husein Anis Al Habsyi dan diterbitkan Pustaka Zawiyah. Berikut doanya:

اللهم اجعل في طاعتك فرحي وسروري وفي مرضاتك جميع اموري 

Allahummaj'al fi tho'atika farohiy wa sururiy wa fiy mardhotika jamiy'a umuriy

Ya Allah, jadikanlah kegembiraan dan kebahagiaanku dalam taat kepadamu, dan jadikanlah segala urusanku dalam keridhaanMu 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id