Jumat 28 Oct 2022 01:49 WIB

Doa Memohon Ampun dari Setiap Kesalahan 

Dalam menjalani hidup terkadang seseorang tak sadar telah melanggar syariat agama.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Doa Memohon Ampun dari Setiap Kesalahan 
Foto: Republika.co.id
Doa Memohon Ampun dari Setiap Kesalahan 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menjalani hidup terkadang seseorang tak sadar telah melanggar syariat agama. Itu terjadi karena kurangnya ilmu yang dilatarbelakangi kemalasan menuntut ilmu sehingga diri diliputi dengan kebodohan. 

Terkadang seseorang juga terlalu berlebih-lebihan dalam suatu perkara sehingga mengabaikan amal lainnya. Misalnya seseorang berlebih-lebihan dalam menggunakan waktunya sehari-hari untuk beribadah dan iktikaf di masjid, sementara anak dan istinya ditelantarkan.

Baca Juga

Atau seseorang yang berlebih-lebihan menggunakan waktunya seharian penuh untuk bekerja namun mengabaikan sholat yang menjadi kewajibannya sebagai hamba. Bahkan kadang seseorang terlalu berlebihan bercanda dengan saudaranya, hingga tak sadar telah menyinggung atau menyakiti saudaranya dengan candanya itu.  

Maka sebagai seorang Muslim hendaknya tak luput untuk terus bermuhasabah atas setiap perbuatan yang telah dilakukan. Bila terdapat kesalahan kepada sesama makhluk hendaknya untuk segera meminta maaf dan keridhaannya.

 

Dan teruslah memohon ampun kepada Allah dari setiap kesalahan yang telah diperbuat. Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa pada umatnya agar Allah mengampuni setiap kesalahan. Berikut doanya. 

Doa Memohon Ampun dari Setiap Kesalahan 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي هَزْلِي وَجِدِّي وَخَطَايَايَ وَعَمْدِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي

Allahummagfirli khothiatiy wa jahliy wa isrofiy amriy wa maa anta a'lamu bihi minniy. Allahummaghfirliy hazliy wajidiy wa khothooyaaya wa 'amdiy wa kulli dzalika 'indiy

"Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan-kesalahanku, kebodohanku, perbuatanku yang melampaui batas di setiap urusanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah aku, canda tawaku, kesungguhanku, kesalahanku, kesengajaanku dan setiap perkara yang ada padaku."

Doa ini terdapat pada hadits nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan pada kitab Sahih Bukhari nomor hadits 5920 versi Al alamiyah atau nomor 6399 versi fathul bari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement