Sabtu 20 Aug 2022 07:48 WIB

Doa Khaulah binti Tsalabah dan Cikal Bakal Hukum Zihar

Tiada henti-hentinya Khaulah berdoa dan mengadukan masalah yang dialaminya

Ilustrasi Sahabat Perempuan Nabi - Muslimah
Foto:

Sampai suatu hari, Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Khaulah, sungguh Allah telah menurunkan Alquran tentang dirimu dan suamimu.” Kemudian Rasulullah membaca firman Allah SWT seperti dalam QS al-Mujaadilah ayat 1-4.

“Sesungguhnya, Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan, Allah mendengarkan soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya, Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

“Orang-orang yang menzihar istrinya di antara kamu (menganggap istinya sebagai ibunya, padahal) tiadalah istri mereka itu ibu mereka. Ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah wanita yang melahirkan mereka. Dan, sesungguhnya mereka sungguh-sungguh mengucapkan suatu perkataan mungkar dan dusta. Dan sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.”

“Orang-orang yang menzihar istri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami istri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu dan Allah mahamengetahui apa yang kamu kerjakan.”

“Barang siapa yang tidak mendapatkan (budak) maka wajib atasnya berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka, siapa yang tidak kuasa wajiblah atasnya memberikan makan enam puluh orang miskin. Demikian supaya kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan, itulah hukum Allah dan bagi orang kafir ada siksaan yang sangat pedih.”

Kemudian, Rasulullah SAW menjelaskan kepada Khaulah tentang kafarat zihar. Rasulullah SAW bersabda, “Perintahkan kepadanya (suami Khaulah) untuk memerdekakan seorang budak.” Khaulah lalu menjawab, “Ya Rasulullah, ia tidak memiliki seorang budak yang bisa ia merdekakan.”

Rasulullah SAW kemudian berkata, “Jika demikian, perintahkan kepadanya untuk puasa dua bulan berturut-turut.” Khaulah menjawab lagi, “Demi Allah, dirinya adalah laki-laki yang tidak kuat melakukan puasa.”

Lalu Rasulullah SAW berkata lagi, “Perintahkan kepadanya memberi kurma ke 60 orang miskin.” Khaulah menjawab, “Demi Allah, ya Rasulullah, ia tidak memilikinya.”

Rasulullah SAW membalas, “Aku membantu dengan separuhnya.” Khaulah menjawab lagi, “Aku bantu separuhnya yang lain wahai Rasulullah.”

Rasulullah SAW akhirnya berkata, “Engkau benar dan baik. Maka, pergilah dan sedekahkanlah kurma itu sebagai kafarat baginya.” 

 

Sifat Khaulah yang berani mengadukan masalahnya kepada Rasulullah adalah salah satu dasar diturunkannya ayat Alquran. Di dalamnya terhadap sebuah kaidah fikih tentang zihar. Betapa kehati-hatian Khaulah telah melahirkan ilmu nan agung bagi umat

sumber : Dialog Jumat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement