Kehidupan Lebah Madu yang Digambarkan Alquran

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 13 May 2022 21:46 WIB

Lebah madu (Apis cerana) memproduksi madu disarangnya di Ujung Jaya, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/1/2022). Hasil madu tersebut dijual dengan harga Rp120 ribu hingga Rp135 ribu per paket. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja Lebah madu (Apis cerana) memproduksi madu disarangnya di Ujung Jaya, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/1/2022). Hasil madu tersebut dijual dengan harga Rp120 ribu hingga Rp135 ribu per paket.

Dalam Alquran, pada surah An-Nahl Ayat 68-69 digambarkan kehidupan lebah madu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Alquran, pada surah An-Nahl Ayat 68-69 dan tafsirnya dijelaskan bahwa Allah memberi petunjuk kepada lebah madu, mereka pun taat melaksanakan petunjuk dari Allah. Berbeda dengan sebagian manusia yang terkadang tidak taat terhadap petunjuk dari Allah SWT, untuk itu dalam ayat ini manusia diminta memperhatikan lebah madu.

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ

Baca Juga

ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, "Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)." Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. (QS An-Nahl: 68-69)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, dalam ayat 68 dan 69 ini, Allah SWT meminta perhatian para hamba-Nya agar memperhatikan lebah. Allah telah memberikan naluri kepada lebah sehingga mempunyai kemahiran untuk membuat sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon dan bangunan-bangunan yang didirikan manusia.

Seorang yang mau memperhatikan bagaimana kemahiran lebah membuat sarangnya, tentu ia akan takjub. Sarang lebah terbuat dari bahan serupa lilin dan mempunyai bentuk segi enam berangkai yang menurut para ahli struktur bangunan merupakan ruang yang paling banyak memuat isi dibanding dengan segi-segi lain.

Apabila diperhatikan bobotnya, sarang lebah itu sangat ringan, tetapi dapat menahan beban yang berat yaitu madu, telur, dan embrio-embrionya. Hal ini juga menjadi bukti yang menunjukkan kekuasaan Allah Yang Maha Esa.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id