Kamis 12 Oct 2023 21:02 WIB

Tafsir Surat An Nahl Ayat 10 tentang Hujan

Surat An Nahl ayat 10 membahas soal hujan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tafsir Surat An Nahl Ayat 10 Tentang Hujan. Foto: Ilustrasi Alquran
Foto: EPA/ SHAHZAIB AKBER
Tafsir Surat An Nahl Ayat 10 Tentang Hujan. Foto: Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hujan berintensitas ringan mulai membasahi sejumlah wilayah di Indonesia. Perihal hujan,  Allah SWT kerap menyinggungnya di dalam Alquran. 

Misalnya, Allah SWT berfirman dalam Surat An Nahl Ayat 10, "Huwal laziii anzala minas samaaa'i maaa'al lakum minhu sharaabunw wa minhu shajarun fiihi tusiimuun."

Baca Juga

"Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan, padanya kamu menggembalakan ternakmu."

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan, ayat tersebut menjelaskan berbagai nikmat yang Allah anugerahkan kepada manusia. Bahwa Allah yang telah menurunkan air hujan dari arah langit untuk segenap makhluk agar dapat memanfaatkan guna memenuhi kebutuhan. 

 

Sebagian daripada manfaat hujannya menjadi minuman bagi manusia dan binatang-binatang peliharaan. Serta sebagiannya yang lain dapat digunakan untuk menyirami tumbuhan, yang padanya, yaitu pada tumbuhan hijau itu, manusia dapat menggembalakan ternak sehingga mereka dapat makan dan menghasilkan produk yang kembali dibutuhkan manusia. Seperti susu, daging, dan bulu. 

Allah menyebutkan nikmat yang diperoleh manusia dari langit secara langsung atau tidak langsung. Nikmat Allah yang diperoleh secara langsung adalah air hujan yang dapat dijadikan air minum dan keperluan lainnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Seperti mandi, mencuci pakaian, dan lain sebagainya. Turunnya air hujan juga membuat udara yang panas menjadi sejuk dan menyegarkan badan. Inilah ragam hikmah dan manfaat hujan. 

Sedangkan nikmat Allah yang diperoleh secara tidak langsung dari air hujan adalah air itu dapat mengairi sawah dan menghidupkan segala macam tumbuh-tumbuhan. Segala tumbuhan itu sangat bermanfaat bagi manusia dan makhluk lain, seperti manusia dapat menggembalakan binatang ternak mereka di padang rumput.

Ayat ini merupakan salah satu dari sekian banyak ayat yang berbicara mengenai hujan dan kesuburan yang diakibatkannya. Masih terdapat sejumlah ayat lainnya yang membicarakan tentang hujan di dalam Alquran. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement