Rabu 11 Oct 2023 16:21 WIB

Manfaat Hujan dalam Surat An Nahl ayat 10

Surat An Nahl ayat 10 menyebutkan tentang manfaat hujan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Manfaat Hujan dalam Surat An Nahl ayat 10. Foto:  Hujan (Ilustrasi)
Foto: Republika
Manfaat Hujan dalam Surat An Nahl ayat 10. Foto: Hujan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Surat An-Nahl ayat 10 memiliki kandungan nikmat Allah berupa air hujan yang diturunkan di muka bumi. Air hujan merupakan nikmat allah yang diberikan kepada makhluk-Nya dengan cuma-cuma.

Manfaat air hujan sangat besar bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, memasak, bercocok tanam. Begitu Pula tanaman membutuhkan air untuk tumbuh subur dan menghasilkan buah-buahan, serta makanan untuk dikonsumsi manusia dan hewan.

Baca Juga

Karena inilah air hujan menjadi sumber kehidupan di bumi. Air hujan akan diserap oleh pepohonan sehingga mencegah banjir. Air hujan juga dapat menurunkan panasnya suhu bumi serta menurunkan polusi.

Besarnya manfaat air hujan bagi makhluk di bumi disebutkan juga dalam Surat An-Nahl ayat 10:

 

 هُوَ الَّذِي أَنزلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan air (hujan) dari langit untuk kamu. Sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuhan yang dengannya kamu menggembalakan ternakmu."

Tafsir Kementerian Agama mengatakan, Allah menyebutkan nikmat yang diperoleh manusia dari langit secara langsung atau tidak langsung. Nikmat Allah yang mereka peroleh secara langsung adalah air hujan yang dapat dijadikan air minum dan keperluan lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari, seperti mandi, mencuci pakaian, dan lain sebagainya. Turunnya air hujan juga membuat udara yang panas menjadi sejuk dan menyegarkan badan. 

Sedang nikmat Allah yang diperoleh secara tidak langsung dari air hujan adalah air itu dapat mengairi sawah dan menghidupkan segala macam tumbuh-tumbuhan. Segala tumbuhan itu sangat bermanfaat bagi manusia dan makhluk lain, seperti manusia dapat menggembalakan binatang ternak mereka di padang rumput.

Ayat ini merupakan salah satu dari sekian banyak ayat yang berbicara mengenai hujan dan kesuburan yang diakibatkannya. Manfaat lain dari keberkahan air hujan juga dapat dilihat pada Surah an-Nur ayat 43 dan ar-Rum ayat 48-49. Sedangkan uraian mengenai bagaimana hujan sangat berperan untuk kesuburan dapat dilihat pada Surah Qāf ayat  9-11.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement