Sabtu 23 Apr 2022 08:55 WIB

10 Penyebab Doa tak Terkabul

Allah SWT memberi janji bahwa akan mengabulkan hamba yang mau berdoa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

KH. Abdullah Syamsul Arifin mengisahkan sebuah riwayat tentang seorang sufi yang zuhud yakni Ibrahim bin Adham. Ia pernah bertemu dengan orang-orang Kuffah. Orang-orang Kuffah itu bertanya kepada Ibrahim bin Adham tentang kebiasaan mereka berdoa kepada Allah. Bahkan mereka tak pernah meninggalkan untuk berdoa setiap selesai sholat. Tetapi orang-orang Kuffah itu mempertanyakan mengapa doa-doa mereka belum juga dikabulkan Allah SWT. 

Lalu Ibrahim bin Adham pun menjawab bahwa sejatinya tidak ada doa yang tak dikabulkan. Allah mengabulkan doa yang dipanjatkan hamba. Akan tetapi hamba itu sendiri yang belum siap doanya dikabulkan Allah karena hati hamba tersebut mati. 

 "Ada sepuluh hal yang kemudian menjadikan hati orang mukmin itu mati. Sehingga ketika dia berdoa kepada Allah SWT, dia belum siap untuk dikabulkan, dia belum bisa mendapatkan ijabah atas doa-doa yang dipanjatkannya," kata KH. Abdullah Syamsul Arifin dalam program ngaji Ramadhan yang disiarkan TV Nahdlatul Ulama beberapa hari lalu 

Sepuluh hal yang membuat hati mati sehingga menghambat doa terkabul sebagaimana penjelasan Ibrahim bin Adham adalah:

Pertama, Tidak Tahu Cara Bertuhan

Kiai Syamsul menjelaskan, hamba tersebut mengetahui bahwa Allah SWT adalah dzat yang berhak disembah. Tetapi ia tidak mengetahui bagaimana caranya bertuhan. Ia tidak mampu memenuhi hak-hak Allah. Ia tidak beribadah dengan sepenuhnya  kepada Allah. Karena itu hatinya mati dan menyebabkan doanya tak diijabah.

Kedua, banyak membaca Alquran tapi tak mengamalkan isinya.

Kiai Syamsul menjelaskan Alquran tidak hanya sekedar dibaca atau tilawah saja, tetapi juga qiraah yakni membaca dengan merenungi, memahami Alquran. Sebab hanya dengan cara seperti itu kandungan Alquran bisa diamalkan. Maka menurut kiai Syamsul, membaca Alquran tapi tidak diamalkan itu menjadi sebab matinya hati. 

Ketiga, Mengikuti Godaan Iblis.

Kiai Syamsul mengatakan yang juga menyebabkan hati mati sehingga doa tak diijabah adalah mengikuti godaan iblis. Hamba tersebut mengakui bahwa Iblis adalah musuh tetapi pada saat yang sama ia terus mengikuti bisikan, rayuan, godaan Iblis. Bahkan ia dengan sengaja dan merasa nyaman mengikuti bisikan Iblis. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement