Sabtu 23 Apr 2022 08:55 WIB

10 Penyebab Doa tak Terkabul

Allah SWT memberi janji bahwa akan mengabulkan hamba yang mau berdoa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto:

Keempat, Mengaku Cinta Rasul tapi tak melaksanakan sunah

Hamba tersebut di mana-mana mengaku bahwa dirinya membela Rasulullah. Ia memproklamirkan kepada orang lain bahwa dirinya adalah barisan Rasulullah. Tetapi pada saat yang sama, ia tidak konsisten dengan sunah Rasulullah. Ia tidak pernah mengikuti apa yang telah dikerjakan, dipraktikan oleh rasul. 

"Mengaku cinta kepada rasul, bahkan teriak-teriak di mana-mana sebagai pembela rasul, tapi tak diwujudkan, direalisasikan dengan melaksanakan sunah dan atsarnya. Itu adalah dakwah batilah pengakuan bohong, pengakuan yang tak terbukti, dan ini indikator orang itu hatinya mati sehingga doanya tak diijabah," kata kiai Syamsul.

Kelima, tak mensyukuri bikmat Allah

Hamba yang mati harinya sehingga doanya tak dikabulkan adalah mereka yang memakan rezeki yang dikaruniakan Allah tapi tak mensyukurinya. Ia tidak menggunakan nikmat yang diberikan Allah itu sesuai tujuan penciptaannya. Justru rezeki yang didapatnya malah dijadikan alat maksiat dan mendurhakai Allah. 

Keenam, Ingin ke Surga tapi tak menempuh jalan ke surga 

Hamba tersebut berharap kelak bisa masuk surga. Terapi ketika dirinya ditunjukan jalan ke surga, ia sama sekali tidak mengerjakannya. Ia tidak mengejakan amal ibadah yang dapar mengantarkannya ke surga.

Ketujuh, Ingin terhindar dari neraka tapi mengerjakan perkara yang menjerumuskan diri ke neraka.

Hamba tersebut berharap terhindar dari siksaan api neraka. Tetapi dalam menjalani hidup di dunia, dirinya selalu mengerjakan amal-amal yang justru mendekatkannya kepada siksa neraka. 

Kedelapan, tak mempersiapkan kematian

Ia mengetahui bahwa kematian itu haq,  tetapi ia tak mempersiapkan diri untuk kematian. 

Kesembilan, tak mengambil ibarah dari kematian

Hamba tersebut sering melihat atau bahkan menguburkan orang yang mati. Tetapi ia tidak mengambil sedikit pun ibrah dari kematian itu. 

Kesepuluh, Melupakan kesalahan diri

Hamba tersebut sibuk dengan kesalahan orang lain namun pada saat yang sama ia melupakan kesalahan dirinya sendiri. Maka hatinya akan mati dan doanya terhalang sehingga tak juga terkabul. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement