Penyesalan Para Penghuni Neraka dan Keinginan Hidup Kembali di Dunia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 15 Apr 2022 12:06 WIB

Ilustrasi Neraka. Para penghuni neraka meminta agar mereka kembali dihidupkan di dunia Foto: Pixabay Ilustrasi Neraka. Para penghuni neraka meminta agar mereka kembali dihidupkan di dunia

Para penghuni neraka meminta agar mereka kembali dihidupkan di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kelak para penghuni neraka akan sangat menyesali perbuatan-perbuatan maksiat yang pernah dilakukan ketika hidup di dunia.

Mereka lantas akan memohon kepada Allah SWT agar dikeluarkan dari neraka karena begitu berat siksanya. Tapi Allah SWT tak memperdulikan apa yang menjadi permohonan mereka. 

Baca Juga

Keterangan bahwa para penghuni neraka akan meminta agar dikeluarkan dari neraka terdapat dalam Alquran tepatnya pada surat Al Muminun ayat 106-108: 

قَالُوا رَبَّنَا غَلَبَتْ عَلَيْنَا شِقْوَتُنَا وَكُنَّا قَوْمًا ضَالِّينَ # رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْهَا فَإِنْ عُدْنَا فَإِنَّا ظَالِمُونَ # قَالَ اخْسَئُوا فِيهَا وَلَا تُكَلِّمُونِ

“Mereka berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami, dan adalah kami orang-orang yang sesat. Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami daripadanya (dan kembalikanlah kami ke dunia), maka jika kami kembali (juga kepada kekafiran), sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim. Allah berfirman, "Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.”      

Pakar Tafsir Alquran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran, Ustadz Syahrullah Iskandar mengatakan kelak para penghuni neraka ketika memasuki neraka jahanam akan mengungkapkan penyesalannya.  

Mereka merasa menyesal karena perbuatan dosa yang pernah dilakukannya semasa hidup di dunia.

Para penghuni neraka menyadari bahwa mereka mendapat siksa neraka karena telah mengikuti hawa nafsu saat di dunia, membiarkan keinginan dunia menguasai diri.

Mereka menyesal karena telah mengutamakan dunia dibanding ukhrawi. Sehingga karena itu mereka gampang berbuat dosa. Mereka pun mengakui bahwa mereka telah tergolong orang-orang yang tersesat.  

Mereka memohon kepada Allah SWT agar dapat dikeluarkan dibebaskan dari neraka jahanam. Mereka meminta supaya kembali ke kehidupan dunia. Padahal itu mustahil. Setelah orang meninggalkan kehidupan dunia, tidak akan balik lagi.

Baca juga: Calon Presiden Prancis Marine Le Pen Bersumpah akan Larang Jilbab Jika Terpilih

“Jadi kalau sudah di akhirat kelak tidak akan mungkin balik ke dunia. Tapi orang-orang yang masuk neraka angan-angannya itu masih memenuhi dirinya, sehingga dia memohon untuk dikembalikan ke kehidupan dunia. Karena mereka sudah lihat situasinya di neraka ternyata seperti itu. Sehingga mereka berjanji kalau dikembalikan ke dunia akan berbuat baik," jelas Ustadz Syahrullah Iskandar saat mengisi pengajian kitab Min Wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya di Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran beberapa hari lalu. 

Para penghuni neraka mengetahui betapa pedihnya siksaan neraka. Sehingga meminta kembali ke dunia agar bisa beriman dan beramal saleh. Lalu Allah SWT merespons permohonan para penghuni neraka dengan menegaskan pada mereka tetap tinggal di neraka dalam kehinaan.     

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini