Ini Rahasia Surah Al-Fatihah, Jalan Menuju Kesuksesan

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agus Yulianto

 Kamis 28 Apr 2022 23:11 WIB

Ilustrasi Anak membaca Alquran: Surat Al-Fatihah Foto: Republika/Tahta Aidilla Ilustrasi Anak membaca Alquran: Surat Al-Fatihah

Ini Rahasia Surah Al-Fatihah, Jalan Menuju Kesuksesan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surah al-Fatihah adalah ringkasan jalan Alquran untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Barang siapa yang ingin menemukan jalan kebahagiaan menurut Alquran maka ia bisa melihatnya di dalam al-Fatihah.

"Barang siapa yang ingin menemukan jalan kesuksesan menurut Alquran maka ia bisa mendapatkannya di dalam al-Fatihah," kata Ustadz Bachtiar Nasir.

Baca Juga

Para mufasir berkata, seluruh isi kitab suci di muka bumi ini sudah tertuang dalam surah al-Fatihah. Jadi, jika ingin mempelajari ilmu terbaik orang masa lalu maka cukup mempelajari tujuh ayat ini.

Secara ringkas ada tiga bagian penting dalam surah al-Fatihah. Pertama, berisi pujian kepada Allah SWT. Kedua, penyerahan diri secara total kepada Allah SWT. Ketiga, permintaan yang paling hebat.

Jika ingin selamat, bahagia, sukses, dan mulia dalam hidup ini, maka permintaan yang paling tepat adalah memohon kepada Allah agar ditunjuki jalan lurus.

Ayat keenam al-Fatihah didetailkan oleh Allah SWT bahwa karakter shirat al-Mustaqim dijelaskan di ayat selanjutnya. Yaitu, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (QS al-Fatihah: 7).

NGAJI ALQURAN: Tafsir, Terjemahan, dan Murrotal Surah Al-Fatihah 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Bacaan Doa Sebelum Sholat Malam