Ahad 24 Apr 2022 05:41 WIB
Belajar Kitab

10 Tanda Kiamat

10 Tanda Kiamat

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- "Kiamat itu tidak datang kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba." (QS Al-A'raf: 187)

"Dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya?" (QS Al-Ahzab: 63)

Apa tanda-tanda bahwa kiamat akan segera tiba? Bagaimana Islam menjelaskan tentang hari kiamat? Dan, apa yang harus dipersiapkan oleh seorang Muslim menjelang datangnya hari kiamat?

 

Berbagai pertanyaan tersebut bisa dicari jawabannya dalam buku yang merupakan salah satu karya terbesar ulama salaf terkemuka, Imam Al-Qurthubi, berjudul At-Tadzkiratu fi ahwal al-mawta wa ahwal al-akhirah.

Buku tersebut diindonesiakan dan diterbitkan oleh sejumlah penerbit. Antara lain, penerbit Akbar dengan judul Rahasia Kematian, Alam Akhirat, & Kiamat. Buku tersebut kini menjadi salah satu buku turats (referensi) yang sangat laris (best seller).

Dalam buku ini, penulis mengupas panjang lebar dan perinci tentang peristiwa kiamat dan akhirat (sebanyak 160 bab). Penulis pun memaparkan tentang fitnah dan tanda-tanda kiamat dalam 62 bab.

Banyak hal yang selama berabad-abad menjadi pertanyaan dan perbincangan tentang tanda-tanda, dan berbagai peristiwa yang mendahului datangnya hari kiamat, dikupas dalam buku ini.

Misalnya, tentang shirat (jembatan), syafaat, surga, neraka, Imam Mahdi, Dajjal, Ya'juj dan Ma'juj, turunnya Nabi Isa, 10 tanda yang akan terjadi menjelang kiamat, tanda-tanda kiamat terjadi setelah 200 tahun, dan keluarnya binatang melata.

Berkaitan dengan 10 tanda yang akan terjadi menjelang kiamat, penulis  mengutip sejumlah hadis. Antara lain, yang diriwayatkan dari Hudzaifah, bahwa ia bercerita, "Kami sedang duduk-duduk di bawah naungan sebuah tembok di Madinah. Sementara Rasulullah, berada di dalam kamar. Beliau menengok kami dan bertanya, 'Sedang apa kalian duduk-duduk di situ?' Kami menjawab, 'Sedang berbincang-bincang.' Beliau bertanya, 'Tentang apa?' Kami menjawab, 'Tentang kiamat.

Beliau bersabda, 'Kiamat tidak akan tiba sebelum kalian melihat 10 tandanya. Pertama-tama ialah matahari terbit dari barat, kabut, Dajjal, binatang melata, lalu tiga peristiwa gerhana bulan (yakni gerhana yang terjadi di sebelah timur, gerhana yang terjadi di sebelah barat, dan gerhana yang terjadi di semenanjung Arab). Lalu, datangnya Isa, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, dan terakhir ialah munculnya api dari Yaman di sebuah jurang 'Aden. Siapa pun yang berada di belakangnya, ia akan digiring ke padang mahsyar.''

Buku ini menjawab berbagai pertanyaan pembaca, khususnya kaum Muslimin, tentang segala hal mengenai hari kiamat. Selain itu, juga menjawab dua fenomena gaib lainnya yang harus dilewati oleh seorang manusia setelah jatah usianya di dunia berakhir, yakni kematian dan hari akhirat. Dengan menggunakan dalil-dalil Alquran dan hadis Rasulullah saw, Imam Al-Qurthubi mengupas lengkap dan tuntas ketiga misteri tersebut.

Pembicaraan seluk-beluk kematian, yang oleh penulis diletakkan di bagian awal buku ini sebanyak 67 bab, akan membukakan mata hati kita tentang berbagai hal mengenai peristiwa yang oleh Nabi Muhammad saw dikatakan sebagai "pemutus segala kenikmatan", "nasihat", dan "peringatan". "Cukuplah kematian itu sebagai pelajaran, dan cukuplah kematian itu sebagai sesuatu yang memisahkan," demikian sabda Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement