Jumat 22 Apr 2022 11:53 WIB

Bukan Hanya untuk Orang Meninggal, Ini Dia Khasiat Surah Yasin

Bukan Hanya untuk Orang Meninggal, Ini Dia Khasiat Surat Yasin

 Seorang jamaah laki-laki sedang membaca ayat-ayat suci Alquran di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (6/6).(Republika/Darmawan)
Seorang jamaah laki-laki sedang membaca ayat-ayat suci Alquran di Masjid Istiqlal Jakarta, Senin (6/6).(Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID, Tak sedikit umat Islam yang rutin membaca surah Yasin tiap pekan sekali, terutama malam Jumat. Ternyata, pembacaan surah Yasin memiliki banyak keutamaan, apalagi jika dilengkapi dengan doa usai membaca surah ke-36 dari Alquran ini.

Sayyid Muhammad al-‘Alawy al-Maliki dalam kitabnya Abwab al-Farah menjelaskan beberapa keutamaan surah Yasin dan bagaimana ulama memberikan contoh teknik pembacaannya. 

Terdapat banyak hadis yang menyatakan keutamaan surah ini. Riwayat ad-Darimi dan at-Tirmidzi misalnya, mengatakan bahwa Rasulullah SAW menyebutkan, segala sesuatu ada jantungnya, dan jatung Alquran adalah surah Yasin. Barang siapa membaca surah Yasin, Allah SWT mencatat pahala membacanya seperti sepuluh kali membaca Alquran.

Nah, di antara khasiat membaca surah ini seperti diungkapkan oleh Atha’ bin Rabah. Ia mendapat riwayat bahwa Rasul mengatakan, barang siapa membaca surah ini akan dipenuhi segala kebutuhannya. 

 

Syekh Muhammad kembali menjelaskan, keutamaan surah ini sangat banyak. Surah Yasin adalah jantung Alquran yang bisa menghilangkan kesedihan, membantu membuka terbukanya jalan keluar dari beragam masalah dan ujian. 

Seperti yang ditegaskan para wali Allah mereka berpesan, barang siapa yang rajin dan istikamah membaca surah ini dan benar-benar menghadirkan jiwa raganya, Allah akan mencukupi keperluannya, memberikannya jalan keluar dari impitan masalah, dan memberi kemudahan atas ragam kesulitan yang dihadapi. 

Berapa pun yang Anda baca, kata Syekh Muhammad, tentu akan sangat baik sekali. Entah sekali, tiga kali, tujuh kali, atau sampai 40 kali. Insya Allah akan mendatangkan kebaikan. 

Terlebih, bila dilengkapi dengan doa-doa pilihan setelah merampungkan bacaan surah Yasin. Di antaranya, doa singkat itu misalnya yang sering diamalkan Syekh Umar bin Zein bin Smith. Tiap kali rampung membaca surah Yasin ia berdoa, "Ya mufarijal humum ya hayyu ya qayuum.”   

Baca dan Dengarkan Surat Yasin di Sini, Ada Tafsir dan Terjemahannya Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement