Ahad 01 May 2022 02:11 WIB

Surah Alfatihah Punya Tiga Nama, Apa Saja?

Surah Alfatihah Punya Tiga Nama, Apa Saja?

Muslimah dan Alquran: Surah Alfatihah Punya Tiga Nama, Apa Saja?
Foto:
Penghafal Alquran atau hafidz melantunkan ayat suci di komplek makam Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (26/12).

Nama ini bersumber dari banyak hadis. Satu diantaranya diriwayatkan dari At Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda. "Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya. Allah tidak menurunkan di dalam Taurat, Injil maupun Zabur dan Alquran suatu surah seperti as-Sab al-Matsani."

Dari segi bahasa, Quraish Shihab menjelaskan, As Sab berarti tujuh. Karena surah tersebut terdiri dari tujuh ayat. Sementara, kata matsani merupakan bentuk jamak dari kata mutsanna atau matsna yang secara harfiah berarti dua-dua. Yang dimaksud dengan dua-dua adalah surah itu dibaca dua kali setiap rakaat shalat. 

Jika ini yang dimaksud, maka penamaan itu lahir pada awal masa Islam. Setiap shalat baru terdiri dari dua rakaat atau karena surah ini turun dua kali, sekali di Makkah dan sekali di Madinah. Bisa juga kata dua-dua dipahami dengan makna berulang-ulang. Karena surah ini memang dibaca berulang baik dalam shalat atau pun di luar shalat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement