9 Nama Surat Al Fatihah yang Penting Diketahui Muslim dan Mengapa Dinamakan As Syifa?

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah

 Sabtu 04 Feb 2023 23:44 WIB

Surat Al Fatihah. Surat Al Fatihah mempunyai banyak nama menunjukkan keutamaannya  Foto: Republika/ Nashih Nashrullah Surat Al Fatihah. Surat Al Fatihah mempunyai banyak nama menunjukkan keutamaannya

Surat Al Fatihah mempunyai banyak nama menunjukkan keutamaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Surat Al Fatihah itu adalah termasuk surat Makiyyah (surat yang diturunkan di Makkah). Surat Al Fatihah memiliki keutamaan yang sangat banyak. 

Surat ini memiliki banyak nama. Dan banyaknya nama surat Al Fatihah menjadi tanda banyak keutamaannya. Berikut nama surat Al Fatihah yang dikutip dari Alukah, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

1. Al-Hamd atau pujian 

Surat al Fatihah juga dinamakan sebagai surat al-Hamd. Karena dalam surat ini terdapat penyebutan al-hamd atau pujian.

Selain pada surat Al Fatihah, ada banyak ayat Alquran yang terdapat lafaz al-Hamd di dalamnya. Seperti pada surat Al Anam ayat 1, Ibrahim ayat 39, Fathir ayat 1, dan Saba ayat 1.

Selain itu pula terdapat pada Al Anam ayat 45, Al Araf ayat 43, Yunus ayat 10, An Nahl ayat 75, al Isra ayat 111, al Muminun ayat 28, an Naml ayat 15, 59, dan 93, al Ankabut ayat 63, Luqman ayat 25, Fatir ayat 34, Shaffat ayat 182, az Zumar ayat 29 dan 74-75, surat Ghafir ayat 65.

2. Al Fatihah atau Fatihatul Kitab 

Sebab pembukaan Alquran itu dengan tulisan dan lafaz surat Al Fatihah. Maka mengawali setiap sesuatu itu dengan Fatihah. 

عن ابن عباس، قال: بينا رسول الله صلى الله عليه وسلم وعنده جبريل، إذ سمع نقيضًا فوقه، فرفع جبريل بصره إلى السماء، فقال: هذا باب قد فتح من السماء، ما فتح قط. قال: فنزل منه ملك، فأتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: أبشر بنورين قد أوتيتهما لم يؤتهما نبي قبلك: فاتحة الكتاب، وخواتيم سورة البقرة، ولن تقرأ حرفًا منهما إلا أوتيته. وهذا لفظ النسائي

Dari Ibnu Abbas, dia bercerita, ‘Ketika kami bersama Rasulullah SAW dan di dekatnya ada Jibril AS, tiba-tiba dia mendengar suara dari atas. Jibril memandang ke langit dan berkata, ‘Pintu langit ini dibuka, pintu yang belum pernah dibuka sama sekali.’ Satu malaikat turun melalui pintu langit tersebut dan mendekati Rasulullah SAW lalu berkata, ‘Selamat. Berbahagialah atas dua cahaya yang diberikan kepada Anda, anugerah yang tidak pernah diberikan kepada nabi sebelum Anda, yaitu Fatihatul Kitab dan akhir Surat Al Baqarah. Tiada satu huruf pun yang Anda baca dari keduanya, melainkan ia akan diberikan kepada Anda.’’ Ini lafal redaksi An-Nasai.

Baca juga: Mualaf Prancis William Pouille, Kecintaannya kepada Arab Saudi Mengantarkannya ke Islam

3. Ummul Quran atau Induknya Alquran

Surat Al Fatihah dinamakan juga Ummul Quran. Sebab seluruh isi Alquran terangkum dalam Al Fatihah. Dan sebagaimana  dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ubadah ibn al-Samit RA. Rasulullah SAW bersabda: 

لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِأُمِّ الْقُرْآنِ "Tidak (sah) shalatnya bagi orang yang tidak membaca Ummul Quran. 

4. Ummul Kitab atau Induknya Al Kitab

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:  

مَنْ صَلَّى صَلَاةً لَمْ يَقْرَأْ فِيهَا بِأُمِّ الْكِتَابِ، فَهِيَ خِدَاجٌ، هِيَ خِدَاجٌ، هِيَ خِدَاجٌ، غَيْرُ تَمَامٍ

"Barangsiapa melaksanakan sholat tapi di dalam sholatnya tidak membaca Ummul Kitab (Surat Al Fatihah) maka sholatnya itu kurang, shalatnya itu kurang, sholatnya itu kurang, tidak sempurna.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Ramadhan, Puasa, dan Takwa