Senin 16 Sep 2024 19:14 WIB

7 Mimpi Bukan Sekadar Mimpi yang Mengubah Sejarah dan Diabadikan Alquran

Alquran mengabadikan kisah para nabi dan rasul

Surat Yusuf. Alquran mengabadikan kisah para nabi dan rasul
Foto:

Keempat, salah satu mimpi yang benar dalam Alquran adalah penglihatan Yusuf di rumah ayahnya, yang disebut dalam ayat-ayat pertama Surat Yusuf.

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (QS Yusuf ayat 4).

Sebagian ahli tafsir meyakini bahwa Yusuf melihat hal ini dalam mimpinya ketika berusia dua belas tahun, dan mimpinya terbukti empat puluh tahun kemudian ketika dia duduk di atas singgasana pemerintahan di Mesir, dan saudara-saudaranya datang kepadanya bersama kedua orang tuanya yang tunduk kepadanya, atau bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur, sebagaimana yang disebutkan di akhir surat:

وَرَفَعَ أَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوا لَهُ سُجَّدًا ۖ وَقَالَ يَا أَبَتِ هَٰذَا تَأْوِيلُ رُؤْيَايَ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَعَلَهَا رَبِّي حَقًّا ۖ وَقَدْ أَحْسَنَ بِي إِذْ أَخْرَجَنِي مِنَ السِّجْنِ وَجَاءَ بِكُمْ مِنَ الْبَدْوِ مِنْ بَعْدِ أَنْ نَزَغَ الشَّيْطَانُ بَيْنِي وَبَيْنَ إِخْوَتِي ۚ إِنَّ رَبِّي لَطِيفٌ لِمَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

"Dan ia menaikkan kedua ibu-bapanya ke atas singgasana. Dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf. Dan berkata Yusuf: "Wahai ayahku inilah ta'bir mimpiku yang dahulu itu; sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan. Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan ketika membawa kamu dari dusun padang pasir, setelah syaitan merusakkan (hubungan) antaraku dan saudara-saudaraku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dialah Yang Mahamengetahui lagi Mahabijaksana." (QS Yusuf ayat 100).

Kelima dan keenam, dua mimpi yang dilihat oleh dua sahabat Yusuf di penjara ketika dia dipenjara karena kesalahan atas kesuciannya, Allah SWT menceritakan kisah mereka dalam surat yang sama dan berkata:

وَدَخَلَ مَعَهُ السِّجْنَ فَتَيَانِ ۖ قَالَ أَحَدُهُمَا إِنِّي أَرَانِي أَعْصِرُ خَمْرًا ۖ وَقَالَ الْآخَرُ إِنِّي أَرَانِي أَحْمِلُ فَوْقَ رَأْسِي خُبْزًا تَأْكُلُ الطَّيْرُ مِنْهُ ۖ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ ۖ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

"Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang diantara keduanya: "Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur". Dan yang lainnya berkata: "Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung". Berikanlah kepada kami ta'birnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (mena'birkan mimpi)." (QS Yusuf 3)

Yusuf menyeru mereka kepada tauhid dan ibadah kepada Allah sebelum dia menafsirkan apa yang mereka lihat, kemudian dia berkata kepada orang yang melihat bahwa dia memeras anggur, "Engkau akan keluar dari penjara."

Dan beliau berkata kepada orang yang melihat roti di atas kepalanya yang dimakan oleh burung-burung, "Engkau akan dihukum mati dan kedua mimpi itu terjadi. (Sudah menjadi kebiasaan dalam lingkungan yang korup dan pemerintahan yang berkuasa seperti lingkungan dan pemerintahan Mesir pada waktu itu, di mana Yusuf dijatuhi hukuman penjara atas kejahatan kesucian dan kemurnian, untuk membebaskan mereka yang berdamai dengan pemerintah dan membawa anggur kepada para tirani, tetapi mereka yang memiliki semangat membela yang tertindas dan memberikan roti kepada burung-burung dijatuhi hukuman mati)."

BACA JUGA: Benarkah Sahabat Nabi SAW, Ibnu Abbas, Bolehkan Kawin Kontrak atau Nikah Mutah

Ketujuh, mimpi penguasa Mesir, yang terdapat dalam surat yang sama, adalah contoh nyata lain dari mimpi yang benar.

وَقَالَ الْمَلِكُ إِنِّي أَرَىٰ سَبْعَ بَقَرَاتٍ سِمَانٍ يَأْكُلُهُنَّ سَبْعٌ عِجَافٌ وَسَبْعَ سُنْبُلَاتٍ خُضْرٍ وَأُخَرَ يَابِسَاتٍ ۖ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ أَفْتُونِي فِي رُؤْيَايَ إِنْ كُنْتُمْ لِلرُّؤْيَا تَعْبُرُونَ

"Raja berkata (kepada orang-orang terkemuka dari kaumnya): "Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir lainnya yang kering". Hai orang-orang yang terkemuka: "Terangkanlah kepadaku tentang ta'bir mimpiku itu jika kamu dapat mena'birkan mimpi." (QS Yusuf ayat 43). 

Mimpi ini pun menjadi kenyataan setelah beberapa lama. Ketika mereka melihat kejujuran dan ilmu dalam diri Yusuf 'alaihissalam, mereka membebaskannya, dan dia menjadi penguasa Mesir dan menteri perbendaharaan, dan kemudian setelah itu dia menjadi raja di seluruh Mesir dengan segala keluasan wilayah dan bangunannya yang megah. 

Sumber: almerja

photo
INFO GRAFIS Fakta-Fakta Unik tentang Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement