Jumat 13 Sep 2024 12:27 WIB

Jumat Istimewa: Jangan Lupa Baca Surat Al Kahfi

Nabi Muhammad mengungkapkan keistimewaan membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat.

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Ani Nursalikah
Membaca Alquran.  Jumat Istimewa: Jangan Lupa Baca Surat Al Kahfi
Foto: Edi Yusuf/Republika
Membaca Alquran. Jumat Istimewa: Jangan Lupa Baca Surat Al Kahfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kebiasaan yang dianjurkan bagi umat Muslim setiap hari Jumat. Salah satunya adalah membaca Surat Al Kahfi.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang berada di zaman Dajjal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat al-Kahfi.” (HR Muslim).  

Baca Juga

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

1 Menjaga diri dari fitnah Dajjal

Keterangan ini telah disampaikan Rasulullah dalam beberapa hadis sahih. Imam Muslim memberikan bab khusus tentang surah ini. Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah al-Kahfi dan ayat Kursi.

“Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat al-Kahfi, akan dijaga dari Dajjal.” (HR Muslim).

Ada juga riwayat lain yang menjelaskan, akan terjaga dari fitnah Dajjal. Imam Muslim meriwayatkan di dalam riwayat lain dengan lafaz, “Di ayat terakhir surah al-Kahfi.” Imam al-Nasa'i meriwayatkan dengan lafaz, “Barang siapa membaca sepuluh ayat surah al-Kahfi.” Imam al-Nasa'i meriwayatkannya dari Tsauban, dari Rasululllah, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surah al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari Dajal.” (HR Muslim).

Riwayat-riwayat di atas tidak ada yang kontradiktif atau saling berbenturan. Barang siapa membaca surah al-Kahfi, baik di awal, akhir, atau bagian mana saja maka Allah akan menjaganya dari fitnah Dajjal.

Halaman selanjutnya ➡️

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement