Rabu 04 Sep 2024 06:05 WIB

Hadits-Hadits tentang Kemuliaan Bekerja daripada Meminta-minta

Orang yang bekerja menjaga kehormatan dirinya dengan tidak meminta-minta.

Hadits-Hadits tentang Kemuliaan Bekerja dari pada Meminta-Minta. Foto:   Kuli Bangunan (Ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Hadits-Hadits tentang Kemuliaan Bekerja dari pada Meminta-Minta. Foto: Kuli Bangunan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad menaruh hormat kepada orang-orang yang bekerja. Karena orang-orang yang bekerja menjaga kehormatan dirinya dengan tidak meminta-minta.

حَدَّثَنَا مُوسَى حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ الزُّبَيْرِ بْنِ الْعَوَّامِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَأَنْ يَأْخُذَ أَحَدُكُمْ حَبْلَهُ فَيَأْتِيَ بِحُزْمَةِ الْحَطَبِ عَلَى ظَهْرِهِ فَيَبِيعَهَا فَيَكُفَّ اللَّهُ بِهَا وَجْهَهُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ النَّاسَ أَعْطَوْهُ أَوْ مَنَعُوهُ

Baca Juga

Telah menceritakan kepada kami (Musa) telah menceritakan kepada kami (Wuhaib) telah menceritakan kepada kami (Hisyam) dari (bapaknya) dari (Az Zubair bin Al 'Awam radliallahu 'anhu) dari Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh seorang dari kalian yang mengambil talinya lalu dia mencari seikat kayu bakar dan dibawa dengan punggungnya kemudian dia menjualnya lalu Allah mencukupkannya dengan kayu itu lebih baik baginya daripada dia meminta-minta kepada manusia, baik manusia itu memberinya atau menolaknya". (HR Bukhari).

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah II menjelaskan, hadits ini menceritakan keutamaan orang yang bekerja memeras keringatnya untuk memelihara kehormatan dirinya agar jangan meminta-minta atau menjadi beban bagi orang lain. Oleh karena itu dalam hadits lain disebutkan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.

Dan dalam hadits lainnya disebutkan pula bahwa sebaik-baik penghasilan adalah hasil yang diupayakan oleh seseorang melalui perasan keringat sendiri. Kita diberikan dua kaki dan dua tangan oleh Allah adalah untuk menggunakannya dengan baik, berusaha dan bekerjalah dengan menggunakan anggota tubuh itu.

"Seseorang yang bekerja keras memeras keringatnya untuk bekerja akan dipandang mulia, janganlah meminta-minta karena pada hakikatnya semua manusia mampu untuk bekerja," tulis Buya Alfis.

Bahkan orang yang tidak gampang meminta-minta diberikan jaminan surga kepadanya.

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ وَكَانَ ثَوْبَانُ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَكْفُلُ لِي أَنْ لَا يَسْأَلَ النَّاسَ شَيْئًا وَأَتَكَفَّلُ لَهُ بِالْجَنَّةِ فَقَالَ ثَوْبَانُ أَنَا فَكَانَ لَا يَسْأَلُ أَحَدًا شَيْئًا

Dari Tsauban mantan budak Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda, "Siapakah yang menjamin untukku untuk tidak meminta-minta sesuatupun kepada orang lain, dan aku menjaminnya masuk Surga? Tsauban berkata; saya! Dan Tsauban tidak pernah meminta sesuatupun kepada orang lain (HR Abu Daud).

Kemudian juga Rasulullah SAW memerintahkan Abu Dzar untuk melakukan tujuh hal yaitu sebagai berikut:

أَمَرَنِي بِحُبِّ الْمَسَاكِينِ، وَالدُّنُوِّ مِنْهُمْ، وَأَمَرَنِي أَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ دُونِي، وَلَا أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقِي، وَأَمَرَنِي أَنْ أَصِلَ الرَّحِمَ وَإِنْ أَدْبَرَتْ، وَأَمَرَنِي أَنْ لَا أَسْأَلَ أَحَدًا شَيْئًا، وَأَمَرَنِي أَنْ أَقُولَ بِالْحَقِّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا، وَأَمَرَنِي أَنْ لَا أَخَافَ فِي اللهِ لَوْمَةَ لَائِمٍ، وَأَمَرَنِي أَنْ أُكْثِرَ مِنْ قَوْلِ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، فَإِنَّهُنَّ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ

Tujuh itu ialah, mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, memperhatikan orang-orang yang di bawahku dan tidak melihat siapa yang ada di atasku, menyambung tali silaturahim (yang masih ada hubungan saudara) meski saudara tersebut bersikap kasar, tidak meminta-minta pada seorang pun, mengatakan yang benar meski pahit, tidak takut terhadap celaan saat berdakwah di jalan Allah, memperbanyak ucapan 'laa hawla wa laa quwwata illa billah' karena kalimat ini termasuk simpanan di bawah 'Arsy.” (HR Ahmad).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement