Jumat 28 Jun 2024 13:46 WIB

Berbagai Alat Penyiksaan Malaikat untuk Menghukum Penghuni Neraka Menurut Quran

Dalam menjalankan tugas, para eksekutor bersikap kasar dan tegas.

Api neraka (ilustrasi)
Foto:

Sudah dapat dipastikan bahwa berbagai perlengkapan hukuman telah dirancang dan disiapkan bagi penghuni neraka. Adanya instrumen atau perlengkapan hukuman itu misalnya dipahami dari Surah al-Fajr/89: 25-26:

"Maka pada hari itu tidak ada seorang pun yang mengazab seperti azab-Nya (yang adil), dan tidak ada seorang pun yang mengikat seperti ikatan-Nya."

Salah satu instrumen yang digunakan adalah rantai (borgol) yang terbuat dari besi membara. Borgol atau rantai pengikat (kaki, tangan, leher) dimaksudkan sebagai bentuk penghinaan dan azab sekaligus. Bahwa semua azab itu terlaksana atas kehendak Allah  SWT.

Informasi tersebut telah disampaikan dengan sangat detil ketika manusia masih hidup di dunia. Mereka mempunyai pilihan menghindar atau menceburkan diri pada azab itu. Menurut Ibnu Āsyūr, al-wasāq  dalam ayat di atas adalah isim masdar dari awsaq yang bermakna tali yang biasa digunakan untuk menggiring tawanan (terhukum) menuju tempat eksekusi hukuman mati. Dalam ayat ini digunakan untuk menggiring para penghuni neraka untuk dieksekusi. Mereka akan dirantai lalu digiring ke tempat eksekusi di neraka, sebagaimana dijelaskan ayat berikut:

"Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret, ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api."(QS Gāfir/40: 71-72)

Instrumen lain yang juga diungkapkan Alquran adalah semacam alas tidur (tikar), pakaian atau selimut yang dikenakan terdiri dari api yang membakar. Dua ayat berikut, masing-masing Surah Ibrāhīm/14: 49-50 dan al-A'araf/7: 41 menggambarkan hal tersebut:

"Dan pada hari itu engkau akan melihat orang yang berdosa bersama-sama diikat dengan belenggu. Pakaian mereka dari cairan aspal, dan wajah mereka ditutup oleh api neraka." (Ibrāhīm/14: 49-50)

Ayat lainnya yakni ada pada QS Al 'Araf/7:41 yakni:

"Bagi mereka tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim."

photo
Ilustrasi neraka - (needpix)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement