Sabtu 22 Jun 2024 06:11 WIB

Mengapa Mayoritas Kisah Menghidupkan Orang Mati Terdapat di Surat Al-Baqarah?

Surat Al-Baqarah memuat kisah tentang menghidupkan orang hidup

Ilustrasi surat Al-Baqarah. Surat Al-Baqarah memuat kisah tentang menghidupkan orang hidup
Foto:

Kedua, keimanan umat Islam terhadap kebangkitan memiliki urgensi yang tinggi dalam membangun umat yang baru, keyakinan berada dalam kuasa Allah ketika hari perhitungan kelak pada Hari Kiamat akan mengangkat derajat takwa.

Dengan demikian, negara akan berhasil memberlakukan syariat Allah SWT lebih baik lagi.

Ketiga, argumentasi untuk orang kafir dengan menunjukkan kisah menghidupkan orang mati, adalah penting sekali. Dzat yang kuasa menghidupkan orang mati berhak untuk disembah. Karenanya, kita temukan dalam surat yang sama firman Allah SWT:

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?.” (QS al-Baqarah: 28)

“Maka kekufuran kepada Allah SWT setelah menyaksikan bangkitnya orang mati ini adalah perkara yang aneh sekali,” ujar Prof Raghib.

Keempat, kisah-kisah ini adalah pengingat yang penting untuk Bani Israel atas kekuatan Allah SWT dan kuasa-Nya menghidupkan dari kematian, mereka sangat tahu kelima kisah di atas, mereka pulalah yang dituju dengan kisah-kisah tersebut dalam fase sejarah ini, kisah ini sebagai dalil atas mereka, agar mereka mengambil petunjuk.

Tergelincirnya Bani Israel, pada dasarnya sebab mereka lupa tentang kebangkitan Hari Kiamat, karenanya Allah SWT berkata kepada mereka dalam surat Al-Baqarah ayat 48.

وَاتَّقُوا يَوْمًا لَا تَجْزِي نَفْسٌ عَنْ نَفْسٍ شَيْئًا وَلَا يُقْبَلُ مِنْهَا شَفَاعَةٌ وَلَا يُؤْخَذُ مِنْهَا عَدْلٌ وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ

“Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa'at dan tebusan dari padanya, dan tidaklah mereka akan ditolong.”

Sumber: islamstory

photo
Infografis Alquran Bantah Orang Yahudi akan Jadi Penghuni Surga - (Republika.co.id)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement