Kamis 06 Jun 2024 06:22 WIB

100 Triliun Sel Lebih Manusia yang Berjalan Teratur Buktikan Kebenaran Isyarat Alquran 

Alquran mengisyaratkan tentang perenungan dalam tubuh manusia

Sel dalam tubuh manusia. Alquran mengisyaratkan tentang perenungan dalam tubuh manusia
Foto:

Sementara otak yang memiliki berat hanya 1.330 gram juga memiliki keistimewaan tersendiri. Organ otak terdiri atas 100 miliar neuron (sel saraf).

Pertumbuhan otak terus bertambah hingga usia dewasa. Sedangkan jumlah neuron tidak bertambah dan takkan mengalami pembaruan setelah kehamilan empat bulan. 

Di sisi lain, neuron akan semakin berkurang secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia. Selama satu detik berpikir atau mengingat, terjadi 15 ribu reaksi kimiawi dalam setiap neuron otak.

Dan tiap neuron itu terhubung dengan ribuan sel-sel yang serupa dengannya untuk melanjutkan perintah-perintah saraf dan bergerak dengan kecepatan 350 kilometer/jam.

Oleh sebab itu manusia mampu melihat segala benda dan menyebutkan nama-namanya dalam waktu kurang dari satu detik. 

Selanjutnya, mata misalnya terdiri dari 50 juta sel optik yang tersimpan pada salah satu lapisan jaringan mata (retina). Sel-sel itu berperan dalam mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Retina merupakan saraf yang yang terhubung dengan otak melalui saraf kedua atau saraf optik. 

Apa yang dilihat seseorang di sekitarnya, diantarkan melalui retina ke otak dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga manusia bisa membaca 500 kata dalam satu menit saja.

Begitu juga telinga yang di dalamnya tersimpan 30 ribu sel pendengaran (aural) untuk mentransfer suara sekecil apapun. 

Telinga juga dapat membedakan 40 ribu jenis nada yang berbeda ritme dan getarannya. Lidah di bagian permukaannya terdapat 9.000 sel perasa (gustatory) yang dapat membedakan rasa manis, asin, pahit, dan sebagainya. 

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement