Selasa 21 May 2024 06:53 WIB

5 Cara Sederhana Dekatkan Diri kepada Allah SWT

Pastikan Allah SWT hadir dalam segala aspek kehidupan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Wisatawan mengamati matahari terbit saat berkemah di areal Embung Bansari kawasan lereng Gunung Sindoro, Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Ahad (21/4/2024).
Foto:

3. Senantiasa mengucapkan kalimat-kalimat yang memuji Allah SWT seperti Alhamdulillah. Misalnya saat sarapan, makan siang, makan malan, minum, atau bahkan menyeruput kopi sekali pun, jangan lupa untuk mengucapkan Alhamdulillah agar Allah SWT senang dengan kita.

"Jika Allah SWT senang padamu, siapa yang akan marah padamu," jelas Syekh al-Wardhani.

4. Sholat 4 rakaat sebelum masuk waktu sholat zhuhur. Sebab, waktu ini adalah waktu di mana pintu-pintu surga dibukakan. Namun, banyak orang yang mengabaikan waktu tersebut. Padahal di waktu inilah terdapat banyak keutamaan seperti sholat di sepertiga malam.

Rasulullah SAW pun senang melakukan sholat sunnah qobliyah Zuhur dan beliau SAW memperpanjang rukuk dan sujudnya.

5. Banyak bertasbih sebelum matahari terbenam karena ini adalah pintu rezeki dan dengannya pulalah dosa-dosa akan diampuni. Ibnul qoyyim menjelaskan, "Siapa yang dimudahkan Allah baginya untuk bertasbih sebelum matahari terbit dan sebelum matahari terbenam, maka Allah akan membebaskannya dari segala keraguan, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak diduga-duga."

Adapun ketika Rasulullah SAW mengadu kepada Allah SWT tentang kesempitan dan kecemasan hati beliau SAW, Allah SWT berfirman, "Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (sholat)." (QS. Al-Hijr ayat 97-98)

Sumber: Elbalad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement