Selasa 21 May 2024 06:35 WIB

Pesan Rasulullah SAW tentang Empat Rakaat Sholat untuk Datangkan Rezeki

Seseorang yang melaksanakan ibadah sholat dhuha akan mendapatkan keuntungan berlipat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Melaksanakan sholat. (ilustrasi)
Foto:

Seseorang yang melaksanakan ibadah sholat dhuha akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Dalam hadits riwayat Abdullah bin Amr bin Ash RA, dia berkata:

"Rasulullah SAW mengirimkan sepasukan tentara lalu banyak mendapatkan harta rampasan dan cepat pulang. Orang-orang mempercakapkan cepatnya perang itu dan banyaknya harta rampasan yang didapat.

Lalu Rasulullah SAW bersabda, 'Maukah kamu saya tunjukkan sesuatu yang lebih cepat dari peperangan semacam itu, lebih banyak pula rampasan yang diperoleh bahkan lebih cepat pulangnya dari itu? Yaitu seorang yang berwudhu, kemudian pergi ke masjid untuk sholat sunnah dhuha. Orang itulah yang lebih cepat perangnya, lebih banyak ghanimah-nya dan lebih cepat pulangnya.'" (HR Ahmad, Thabrani, Abu Ya'la)

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar RA, Nabi Muhammad SAW menyebutkan keutamaan sholat dhuha. Berikut haditsnya.

Keutamaan Sholat Dhuha

عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ « يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى » أخرجه مسلم

"Setiap pagi, setiap anak Adam wajib baginya bersedekah untuk setiap persendian yang ada di tubuhnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap ajakan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah. Semua itu tercukupi dengan dua rakaat (sholat) dhuha." (HR Muslim)

Sumber: Dorar

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement