Ahad 28 Apr 2024 14:13 WIB

Ingin Terhindar dari Fitnah Manusia yang Membinasakan? Baca 3 Doa dari Alquran dan Hadits

Doa hadapi fitnah tertera alam Alquran dan Hadits Nabi SAW

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Seorang Muslim sedang berdoa (ilustrasi). Doa hadapi fitnah tertera alam Alquran dan Hadits Nabi SAW
Foto: Dok. Freepik
Seorang Muslim sedang berdoa (ilustrasi). Doa hadapi fitnah tertera alam Alquran dan Hadits Nabi SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menurut KBBI, fitnah merupakan perkataan bohong yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang dan merugikan kehormatan orang lain. Bahkan disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 191, bahwa fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. 

Mengapa demikian? Fitnah memang tidak membuat seseorang kehilangan nyawanya, tetapi karena fitnah justru dapat membuat kehidupan seseorang menjadi hancur karenanya. Karena itu, agar kita terhindar dari bahaya fitnah, agar selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berikut ini doa memohon perlindungan dari bahaya fitnah:   

Baca Juga

Doa pertama

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Latin:

Rabbanaa laa taj‘alnaa fitnatal lilladziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa, innaka antal-‘aziizul-hakiim

Terjemah:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana." (QS al-Mumtahanah ayat 5)

Doa kedua

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ، وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ 

Latin:

Robbana la taj'alna fitnatan lilqaumizzholimina wa najjina birahmatika minal qaumil kaafirin."

Terjemah:

“Ya Tuhan, jangan Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zhalim, dan selamatkanlah kami dengan curahan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang kafir." (QS Yunus ayat 84-86). 

Doa ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Latin:

Allaahumma innii a'uudzu bika min 'adzaabi jahannama wa min 'adzaabil qabri wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min syarri fitnatil masiihid dajjaal.

Terjemah: 

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal." (HR Bukhari Muslim).

Dalam hadis riwayat Imam Ashhabus-Sunan dari Ibnu Abbas diterangkan, bahwa Rasulullah SAW senantiasa membiasakan diri membaca doa tersebut. Beliau berharap agar bisa selamat dari segala bentuk fitnah dan musibah, baik ketika masih hidup maupun sesudah mati.

Anjuran berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement