Kamis 18 Apr 2024 05:05 WIB

Mengucap Salam ke Sesama Muslim, Sunnah yang Mulai Ditinggalkan?

Mengucapkan salam di antara sesama Muslim adalah salah satu bentuk keimanan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
 Umat muslim saling berpelukan usai menunaikan sholat Idul Fitri di Kuala Lumpur, Malaysia,Sabtu (22/4/2023).
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Umat muslim saling berpelukan usai menunaikan sholat Idul Fitri di Kuala Lumpur, Malaysia,Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW telah mengabarkan tanda-tanda hari kiamat, salah satunya adalah memberi salam hanya kepada orang-orang tertentu. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

بينَ يدَي السَّاعةِ : تسليمُ الخاصَّةِ ، و فُشُوُّ التَّجارةِ حتَّى تُعينَ المرأةُ زوجَهَا علَى التَّجارةِ ، و قَطعُ الأرحامِ ، و فُشُوُّ القلَمِ ، و ظُهورُ الشَّهادةِ بالزُّورِ ، و كِتْمانُ شَهادةِ الحقِّ

Baca Juga

"Menjelang hari kiamat, orang hanya memberi salam kepada orang-orang tertentu, meluasnya perdagangan sehingga wanita membantu suaminya dalam berdagang, terputusnya hubungan kekeluargaan, meluasnya pena, kesaksian palsu, dan penyembunyian kesaksian yang benar." (HR. Bukhari, dalam Al Adab Al Mufrad)

Pesan Nabi SAW tersebut menekankan pentingnya hubungan antar-Muslim dengan menyebarkan salam di antara mereka. Umat Muslim adalah satu keluarga, bahkan ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh merasa sakit, seluruh tubuh akan turut merasakan kesakitannya. Hubungan di antara mereka adalah hubungan persaudaraan Islam.

Karena itu, Nabi SAW memberikan penekanan pada hal tersebut. Beliau menunjukkan bahwa mengucapkan salam di antara sesama Muslim adalah salah satu bentuk keimanan dan salah satu jalan menuju surga. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَفَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَمْرٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

"Demi Dzat yang jiwaku ada dalam tangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga beriman, dan kalian tidak akan beriman hingga saling menyayangi. Maukah kalian aku tunjukkan suatu perkara yang jika kalian amalkan maka kalian akan saling menyayangi? Tebarkanlah salam di antara kalian."

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement