Jumat 05 Apr 2024 10:30 WIB

Doa Malam Lailatul Qadar di Malam Ganjil, Latin dan Terjemahan

Ada hikmah dari dirahasiakannya kapan Lailatul Qadar datang.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim membaca Al Quran dan menunaikan shalat Tahajud saat beriktikaf di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024) dini hari. Memasuki sepuluh malam terakhir bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, umat Islam melakukan iktikaf atau berdiam diri di masjid dengan memperbanyak ibadah seperti membaca Al Quran, shalat Tahajud (malam) dan berdzikir untuk mengharapkan hikmah malam kemuliaan atau Lailatul Qadar.
Foto:

Ada hikmah dari dirahasiakannya kapan Lailatul Qadar datang. Dengan begitu umat Islam berpotensi akan tetap menjaga semangat ibadahnya agar meraih Lailatul Qadar.

Doa Malam Lailatul Qadar

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنّي

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni.

Artinya: "Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Pemurah, dan menyukai memberikan maaf, maafkanlah aku".

Doa ini disandarkan kepada hadits Nabi saw,

عن عا ءىشة قا لت قلت يارسول اللّه أرأيت إن علمت أيّ ليلة القد رماأقول فيها قال قولي اللّهمّا انّك عفوّكريمّ تحبّ العفو فاعف عنّي قال أبو عيسى هذاحديث حسن صحيح

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra ia berkata: Saya bertanya: "Wahai Rasulullah, Maukah engkau memberi tahu aku apa malam lailatul qadar itu dan apa yang harus aku baca pada malam itu? Rasulullah berkata: Ucapkanlah do’a, Allahuma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul-‘afwa fa’fu ‘anni, (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Pemurah, dan menyukai memberikan maaf, maafkanlah aku). Ia mengatakan ini adalah hadits hasan shahih." (HR At-Turmudzi).

Meski demikian, sejatinya umat Islam dapat membaca doa apapun asalkan itu adalah kebaikan. Karena yang dianjurkan adalah meningkatkan nilai ibadah untuk meraih Lailatul Qadar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement