Selasa 02 Apr 2024 08:46 WIB

Tetap Berdoa Meski Berdosa, Ini Doa Taubat Mohon Ampunan

Jangan menunda-nunda taubat, karena ada batas akhir waktu taubat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Waktu Terbaik Berdoa
Foto:

Ketika tahu bahwa dirinya segera mati, barulah ia taubat. Firaun sudah tahu persis bahwa dia bakal mati ketika ia akan tenggelam.

Inilah yang membuat dirinya putus asa dan baru berpikir untuk bertaubat. Tetapi nyatanya sudah terlambat.

Allah SWT berfirman:

وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۚ حَتّٰىٓ اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ اِنِّيْ تُبْتُ الْـٰٔنَ وَلَا الَّذِيْنَ يَمُوْتُوْنَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا اَلِيْمًا

"Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan 'Sesungguhnya aku bertaubat sekarang'. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih". (QS An Nisa Ayat 18)

Di antara cara memohon ampunan kepada Allah SWT adalah dengan membaca doa sayyidul istighfar yang diajarkan Rasulullah SAW. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Syadad bin Aus.

Rasulullah SAW bersabda:

سَيِّدُ الِاسْتِغْفارِ أنْ تَقُولَ: اللَّهُمَّ أنْتَ رَبِّي لا إلَهَ إلَّا أنْتَ، خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ، وأنا علَى عَهْدِكَ ووَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ، أعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما صَنَعْتُ، أبُوءُ لكَ بنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وأَبُوءُ لكَ بذَنْبِي فاغْفِرْ لِي؛ فإنَّه لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلَّا أنْتَ. قالَ: ومَن قالَها مِنَ النَّهارِ مُوقِنًا بها، فَماتَ مِن يَومِهِ قَبْلَ أنْ يُمْسِيَ، فَهو مِن أهْلِ الجَنَّةِ، ومَن قالَها مِنَ اللَّيْلِ وهو مُوقِنٌ بها، فَماتَ قَبْلَ أنْ يُصْبِحَ، فَهو مِن أهْلِ الجَنَّةِ.

"Sayyidul Istighfar adalah ketika kamu berkata (berdoa), "Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Rabb-ku, Tiada Ilah kecuali Engkau, Engkau telah menciptakanku, sedangkan aku adalah hamba-Mu, aku akan berusaha memenuhi janji-janjiku kepada-Mu sekuat tenagaku,..."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement