Senin 01 Apr 2024 16:37 WIB

Ilmu Medis Modern Buktikan Cara Minum Rasulullah SAW Ampuh Cegah Penyakit 

Rasulullah SAW ajarkan adab saat minum kepada umatnya

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi minum. Rasulullah SAW ajarkan adab saat minum kepada umatnya
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi minum. Rasulullah SAW ajarkan adab saat minum kepada umatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sunnah fi’liyah (perbuatan) Rasulullah SAW tak lepas pula dari bimbingan Allah SWT. Sunnah tersebut meliputi kebiasaan sehari-hari Rasulullah SAW dari bangun tidur sampai hendak kembali tidur di malam hari. 

Di antara sunnah tersebut adalah, tata cara Rasulullah SAW minum. Seperti apakah cara Rasulullah SAW minum? Dalam hadits dikatakan sebagai berikut:

Baca Juga

عن أنس بن مالك رضي الله عنه أَنَّ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم كان يَتَنَفَّسُ في الشَّرَابِ ثَلَاثًا.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW biasa meneguk minuman dengan sebanyak tiga tegukan. (HR Bukhari dan Muslim)

Adapun penjelasan atas hadits tersebut, yaitu setiap kali Nabi SAW minun, maka beliau akan meneguknya dengan tiga kali tegukan. Nabi SAW meminum air, lalu memisahkan gelas dari mulutnya, kemudian meminumnya kembali untuk kedua kali, kemudian memisahkan gelas dari mulutnya, lalu beliau minum lagi untuk yang ketiga kali.

Nabi Muhammad SAW tidak bernafas di dalam gelas tersebut. Beliau bernafas di setiap jeda tiga kali tegukan tersebut. Artinya, setelah tegukan pertama, beliau memisahkan gelas dari mulutnya, lalu bernafas.

Lalu meneguk kembali untuk yang kedua kali, kemudian memisahkan gelas dari mulutnya, bernafas, lalu meneguknya lagi untuk yang ketiga kali.

Dr Nadiah Thayyarah dalam "Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" menjelaskan, Imam Muslim dan para penulis kitab Sunan meriwayatkan melalui jalur Abu Ashim, bahwa Nabi bersabda, "Cara seperti ini lebih memuaskan, lebih bisa menghilangkan dahaga dan lebih sehat."

Sebagian ulama mengatakan bahwa larangan bernapas saat minum sama halnya dengan larangan untuk meniup minuman. Sebab, dikhawatirkan ada air liur yang masuk ke dalam air tersebut sehingga yang meminumnya merasa jijik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement