Rabu 27 Mar 2024 12:45 WIB

Doa Meminta Kekayaan, Uang, dan Tempat Tinggal yang Layak

Doa untuk menjaga keteguhan iman ini sangat baik diamalkan setiap hari.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad mengajarkan umat Muslim untuk selalu berdoa memohon kepada Allah di setiap kegiatannya. Sebab, Allah SWT pasti mengabulkan permohonan seseorang jika orang tersebut selalu mengingat-Nya. 

Salah satu doa yang perlu diingat oleh umat Muslim, yaitu doa memohon kekayaan, uang, dan rumah. Ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan sehari-hari. 

Baca Juga

Berikut doa memohon kekayaan, uang, dan rumah.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي وَوَسِعْ لِي فِي دَارِي وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي

Allahummaghfirli dzanbii, wa wassi li fi dari, wabarikli fi rizqi

Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, luaskan tempat tinggalku, dan berkahilah aku dalam rezekiku.

Manfaat doa tersebut adalah sebagai berikut

Pertama, menghapus dosa-dosa.

Setiap manusia tidak pernah luput dari salah, begitu pula Allah SWT tidak pernah bosan memaafkan setiap umat-Nya yang berbuat salah kemudian bertaubat memohon ampunan dari dosa-dosa yang telah diperbuatnya. 

Berdoa untuk dihapuskan dosa-dosa juga mencerminkan keinginan seseorang untuk memperbaiki diri dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Pengalaman dosa dan kesalahan di masa lalu menjadi pembelajaran bagi seseorang untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Thaha ayat 82, yang berbunyi:

وَاِنِّيْ لَغَفَّارٌ لِّمَنْ تَابَ وَاٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدٰى

Sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman, dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk. (QS. Thaha: 82). 

Kedua, mampu membeli atau membangun rumah yang indah

Di tengah kehidupan yang serba dinamis dan penuh tantangan, kekuatan doa seringkali menjadi sumber harapan dan inspirasi bagi banyak orang. Doa, sebagai ungkapan kepercayaan dan koneksi spiritual dengan Yang Maha Kuasa, memiliki potensi untuk mengubah kehidupan seseorang secara mendalam. 

Salah satu kekuatan doa diatas ialah mampu mempermudah seseorang yang memiliki hajat membangun rumah. Sebab orang yang memiliki keyakinan yang kuat dalam kekuatan doa cenderung memiliki sikap yang lebih positif dan optimis dalam menghadapi tantangan atau dalam menggapai keinginannya. 

Ketiga, mendapatkan uang atau meraih harta yang berkah

Harta yang berkah tidak hanya terbatas pada kekayaan materi, tetapi mencakup segala sesuatu yang membawa keberkahan dan kebahagiaan ke dalam hidup seseorang.

Kunci pertama dalam meraih harta yang berkah adalah memiliki iman yang kuat dan koneksi spiritual yang mendalam dengan Tuhan atau kekuatan transenden lainnya. Dengan mempercayai bahwa segala sesuatu berasal dari Allah, seseorang dapat menemukan kekuatan dan inspirasi dalam meraih keberkahan hidup.

Selain itu, meraih harta yang berkah juga harus melibatkan usaha yang jujur, bekerja keras, dan bertanggung jawab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement