Senin 25 Mar 2024 18:23 WIB

Doa Setelah Sholat Witir dan 10 Malam Terakhir Ramadhan

Ramadhan menjadi bulan suci yang dikhususkan untuk beribadah.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang Ramadhan selalu ada momentum unik untuk berdoa yang tidak ada di malam-malam bulan lain. Contohnya adalah doa setelah sholat witir dan lainnya.

Berikut ini adalah sejumlah doa yang hanya ada pada Ramadhan dan sangat dianjurkan untuk dibaca. 

Baca Juga

Pertama, doa setelah sholat witir

Penting untuk memahami bahwa sholat witir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Beliau sendiri seringkali melaksanakan sholat witir sebagai bagian dari ibadah malamnya.

Keistimewaan sholat witir juga tercermin dalam kesempatan untuk bermunajat kepada Allah SWT secara khusyuk dan tenang di akhir malam. Sholat witir menawarkan kesempatan bagi umat Islam untuk berkomunikasi secara langsung dengan Sang Pencipta, memohon ampunan, memberikan syukur, dan meminta perlindungan. 

Berikut doa setelah sholat witir:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Subhaanal malikil qudduus.

Maha Suci Allah Yang Maha Merajai, lagi suci dari berbagai kejelekan). (dibaca tiga kali).

Dianjurkan mengeraskan suara pada bacaan ketiga. (HR. An-Nasai dan Ahmad). 

رَبِّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ

Robbil malaikati war ruuh.

Allah itu Rabb malaikat dan Ruh—yaitu Jibril. (HR. As-Sunan Al-Kubra Al-Baihaqi dan Sunan Ad-Daruquthni).

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allohumma innii a’ududzu bi ridhooka min sakhotika wa bi muu’afaatika min uquubatika, wa a’uudzu bika minka laa ushi tsanaa-an alaika, anta kama atsnaita ala nafsik. 

Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan pemaafan-Mu dari hukuman-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau janjikan kepada diri-Mu sendiri). (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah).

Kedua, doa 10 malam terakhir Ramadhan

Sepuluh malam terakhir Ramadhan adalah periode yang sangat istimewa dalam agama Islam. Selama periode ini, umat Muslim di seluruh dunia merayakan momen-momen spiritual yang memikat, memperdalam koneksi mereka dengan Allah SWT, dan berupaya meningkatkan amal ibadah mereka.

Keistimewaan lailatul qadr ini membuat 10 malam terakhir Ramadhan menjadi waktu yang sangat berharga bagi umat Islam. Selama periode ini, umat Muslim berbondong-bondong untuk melakukan amal ibadah seperti sholat malam, membaca Alqur'an, berdzikir, bersedekah, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Berikut doa 10 malam terakhir Ramadhan: 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni.

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku). (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement