Jumat 15 Mar 2024 18:26 WIB

Mengapa Kita Dituntut Konsumsi Makanan yang Halal dan Baik? Ini Penjelasan Alquran

Konsumsi yang halal dan baik adalah perintah Allah SWT

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi makanan. Konsumsi yang halal dan baik adalah perintah Allah SWT
Foto:

Memang ada beberapa ulama berpendapat bahwa di samping yang tersebut dalam ayat itu, ada lagi yang diharamkan memakannya berdasarkan hadist Rasulullah SAW seperti makan binatang yang bertaring tajam atau bercakar kuat.

Allah SWT menyuruh manusia makan makanan yang baik yang terdapat di bumi, yaitu planet yang dikenal sebagai tempat tinggal makhluk hidup seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan dan lainnya.

Sedang makanan yang diharamkan oleh beberapa kabilah yang ditetapkan menurut kemauan dan peraturan yang mereka buat sendiri halal dimakan, karena Allah SWT tidak mengharamkan makanan itu. 

Allah SWT hanya mengharamkan beberapa macam makanan tertentu sebagaimana tersebut dalam ayat 3 surat al Maidah dan dalam ayat 173 surat al-Baqarah ini.

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

 

 

"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Mahapengampun lagi Mahapenyayang." 

Selain dari yang diharamkan Allah SWT dan selain yang tersebut dalam hadis sesuai dengan pendapat sebagian ulama adalah halal, boleh dimakan.

 

Kabilah-kabilah itu hanya mengharamkan beberapa jenis tanaman dan binatang berdasarkan hukum yang mereka tetapkan dengan mengikuti tradisi yang mereka warisi dari nenek moyang mereka, dan karena memperturutkan hawa nafsu dan kemauan setan belaka. Janganlah kaum Muslimin mengikuti langkah-langkah setan, karena setan itu adalah musuh yang nyata bagi umat manusia.

photo
Sertifikat Halal Terbit - (Tim Infografis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement